Home / EKONOMI

Senin, 1 Februari 2021 - 14:07 WIB

Pajak Pulsa dan Token Listrik Diklaim Tak Pengaruhi Harga

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto/Pikiran Rakyat

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto/Pikiran Rakyat

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menetapkan kebijakan baru terkait pemungutan pajak pulsa dan token listrik. Kebijakan tersebut tercantum dalam aturan PMK 06/PMK.03/2021 dan mulai resmi diberlakukan pada 1 Februari mendatang.

Namun, sejatinya masih banyak masyarakat yang belum memahami secara keseluruhan ketetapan tersebut. Hal ini pun membuat Sri Mulyani, memberikan penjelasan lebih lanjut melalui laman Instagram pribadinya.

“Ketetapan tersebut tidak berpengaruh terhadap harga pulsa/kartu perdana, token listrik, dan voucher,” ungkap Menkeu Sri Mulyani, melalui akun Instagram @smindrawati, Minggu (31/1).

Lebih lanjut Sri Mulyani menjelaskan, untuk pemungutan pajak pulsa dan kartu perdana hanya dilakukan sampai distributor tingkat II.

Sementara untuk pajak dari token listrik dan voucher tidak dikenakan pada nilai keduanya melainkan ditarik melalui jasa penjualan atau komisi yang didapatkan oleh agen penjual.

Menurut dia, pemungutan pajak ini merupakan bentuk penyederhanaan pengenaan PPN dan PPH dalam penjualan produk pulsa dan lain sebagainya sehingga terdapat kepastian hukum.

“Jadi, tidak benar ada pungutan pajak baru untuk pulsa, kartu perdana, token listrik, dan voucher,” sambungnya.

(kem/keu)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Jokowi Tegaskan Lockdown Skala Mikro Tak Merusak Ekonomi
Otoritas Jasa Keuangan. Foto/Bisnis

EKONOMI

Bank Daerah Diharapkan Bisa Go Digital
Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) Lintas Yogyakarta-Solo pada Senin, 1 Maret 2021. Foto/BPMI

EKONOMI

Presiden Jokowi Resmikan KRL Yogya-Solo
Pemberian insentif kepada peserta pelatihan Kartu Prakerja tetap sama yakni Rp2.400.000 yang akan diberikan selama empat bulan. Foto/Antara

EKONOMI

Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari Ini
Ekonomi Singapura masuk dalam resesi pada kuartal terakhir seiring dengan terpukulnya bisnis dan belanja ritel akibat perpanjangan karantina wilayah alias lockdown. (Foto: MSN)

EKONOMI

Akibat Pandemi Virus Corona, Singapura Masuk Resesi
Perusahaan marketplace Tokopedia. Foto/MI

EKONOMI

Daftar Online Shop dan Digital yang Kenakan Pajak 10 Persen
Ilustrasi aktivitas pelabuhan. Foto/Antara/Sigit Kurniawan

EKONOMI

Sah! Indonesia Resmi Resesi
Ilustrasi digitalisasi pasar rakyat. Foto/Tempo

EKONOMI

Kemendag-OVO Dorong Digitalisasi Transaksi Pasar Rakyat