Home / NASIONAL

Rabu, 23 Desember 2020 - 19:46 WIB

Panduan Ibadah Natal Saat Pandemi Covid-19

Suasana misa malam Natal di Gereja Katedral Jakarta. Foto/MI

Suasana misa malam Natal di Gereja Katedral Jakarta. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Aktivitas ibadah perayaan Natal di masa pandemi covid-19 tahun ini harus tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan para jemaat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, sebagai langkah antisipasi, Kementerian Agama telah mengeluarkan edaran Menteri Agama No. 23 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal di Masa Pandemi Covid-19.

“Surat edaran ini diharapkan dapat meminimalkan risiko tanpa mengesampingkan aspek spiritualitas umat dalam melaksanakan ibadah dan perayaan Natal,” ujar Wiku saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12).

Para pemuka agama Kristiani diminta untuk dapat mematuhi surat edaran tersebut. Agar ibadah Natal dapat dijalankan dengan aman dan bebas dari Covid-19 tanpa mengurangi kekhidmatan ibadah.

Untuk para jemaat juga diminta sebisa mungkin merayakan ibadah Natal dan tahun baru dengan damai dan khidmat di rumah saja. Hal ini guna menghindari penularan Covid-19 yang semakin tinggi akhir-akhir ini.

“Karena jangan sampai muncul klaster baru di tengah momen bahagia yang seharusnya menjadi selebrasi seluruh umat Nasrani di Indonesia,” pesan Wiku.

Sebagai informasi, dalam surat edaran Menteri Agama No. 23 Tahun 2020, mengatur kewajiban umat dan rumah ibadah.

Untuk umat, harus dalam kondisi sehat, menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan, menghindari bersalaman atau berpelukan, menjaga jarak antarjemaat atau umat, menghindari berdiam lama di rumah ibadah.

Bagi jemaat jemaat anak-anak dan lanjut usia diimbau untuk beribadah secara daring, dan ikut peduli terhadap penerapan protokol kesehatan.

Lalu, kewajiban bagi pengelola rumah ibadah harus membentuk Satgas Covid-19 tingkat rumah ibadah, didisinfeksi secara berkala, membatasi pintu atau jalur keluar masuk rumah ibadah.

Kemudian menyediakan fasilitas cuci tangan, menyediakan alat pengecekan suhu, menerapkan pembatasan jarak, melakukan pengaturan jumlah jemaat yang berkumpul dalam waktu bersamaan.

Selanjutnya, mempersingkat waktu pelaksanaan ibadah, memasang imbauan penerapan protokol kesehatan dan memberlakukan kewajiban untuk menunjukkan hasil tes Covid-19 bagi jemaat atau umat tamu dari luar kota.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi--Perang siber. Foto/Istimewa

NASIONAL

Industri 4.0 Buat Perang Meluas ke Dunia Siber
Presiden Jokowi menyampaikan belasungkawa atas bencana di Sulawesi Barat dan Jawa Barat. Foto/Setneg

NASIONAL

Bertolak ke Kalsel, Jokowi Tinjau Kondisi Korban Banjir
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto/Kemnaker

NASIONAL

Kemnaker Berikan Bantuan Padat Karya ke 25 Kelompok Tani
Ilustrasi: Massa demo di Monas, Depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (28/8). Foto/MI/Saskia Anindya Putri

NASIONAL

Polisi Kerahkan 2.738 Personel Jaga Aksi 1 Desember Papua
Gedung perkantoran di DKI Jakarta. Foto/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

NASIONAL

Anies Perpanjang PSBB Transisi DKI hingga 6 Desember
Program jalan nasional. Ist

NASIONAL

PUPR Harus Segera Tuntaskan Program Jalan Nasional
Parluhutan S (Topad), Ketua Umum Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa). Foto/Beritanusa

NASIONAL

Pahlawan Zaman Now
Ilustrasi: Petugas kepolisian bersiap saat Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Siginjai - 2017 di Mapolda Jambi, Kamis (21/12). Foto/Antara

NASIONAL

Polri Serentak Gelar Operasi Lilin 2020 Mulai 21 Desember