Home / NASIONAL

Senin, 13 Juli 2020 - 10:08 WIB

Panglima TNI dan Kapolri Luncurkan Kampung Tangguh di Mauk Tangerang

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis meluncurkan Kampung Tangguh di Mauk, Kabupaten Tangerang, Kamis (9/7). (Foto: Div Humas Polri)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis meluncurkan Kampung Tangguh di Mauk, Kabupaten Tangerang, Kamis (9/7). (Foto: Div Humas Polri)

TANGERANG, BERITANUSA.id – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis meluncurkan Kampung Tangguh di Mauk, Kabupaten Tangerang, Kamis (9/7). Setidaknya ada 7.024 lebih program Kampung Tangguh telah diresmikan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Sudah kita launching terkait Kampung Tangguh dan penanaman bibit ikan termasuk bibit jagung. Peresmian ini juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia melalui tayangan virtual,” ungkap Hadi Tjahjanto saat mengunjungi wisata Aquaculture Mangrove di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (9/7).

Kampung Tangguh sendiri merupakan Program dari Polri yang dibantu TNI. Program ini untuk menjaga kesediaan pangan akibat pandemi covid-19.

Program ini memanfaatkan lahan kantor TNI-Polri untuk menaman tumbuhan cepat panen seperti singkong, ubi pisang. Selain itu, juga memanfaatkan lahan-lahan masyarakat yang belum digarap.

“Salah satunya contoh yang saat ini kita saksikan, dan ini adalah satu contoh yang semuanya sudah dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Program ini merupakan instruksi Presiden Jokowi sebagai upaya ikut serta dalam menjaga ketahanan pangan,” tandasnya.

Ditambahkan Kapolri Jenderal Idham Azis, Kampung Tangguh dibangun dengan tujuan agar mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Untuk menunjang kegiatan ini, kata Idham, dibangun infrastruktur desa seperti pos kesehatan warga, rumah karantina lengkap dengan fasilitas penunjang yang dibutuhkan, hingga pelatihan penanganan COVID-19 jika ada warga yang terjangkit virus SARS CoV2.

“Dalam pelaksanaannya di lapangan, kegiatan ini juga bersinergi dengan TNI dan perangkat desa setempat. Selain itu, Polri turut serta turun ke masyarakat untuk membagikan bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan,” jelas Idham.

Selain meresmikan Kampung Tangguh, Kapolri dan Panglima TNI berkesempatan untuk memanen hasil tambak dan penanaman bibit mangrove di wisata aquaculture tersebut.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membantu dan meningkatkan perekonomian serta mendukung ketahanan pangan nasional. Inilah bentuk kehadiran Polri di tengah masyarakat,” tukas Idham. (rls/pol/tni)

Share :

Baca Juga

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto/Ayo Surabaya

NASIONAL

JPS Kemnaker untuk Warga yang Gagal Lolos Kartu Prakerja
Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12). Foto/Antara

NASIONAL

KPK Usut Tuntas Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan di DKI
Artis Gisella Anastasia dicecar pertanyaan oleh wartawan usai diperiksa di Gedung Ditkrimsus Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Foto/Antara/Hafidz Mubarak

NASIONAL

Polisi: Gisel Akui Ada di Video Mesum
Jenderal pahlawan revolusi. Ist

NASIONAL

Momentum Hari Kesaktian Pancasila, BPIP Dorong Rekonsiliasi
Ilustrasi Liga 1. Foto/Detik

NASIONAL

Polri Tak Izinkan Liga 1 dan Liga 2 Bergulir
Ilustrasi tenaga kesehatan. Foto/Ist

NASIONAL

Angka Kematian Tenakes RI karena Covid Tertinggi Ketiga di Dunia
Psikiater Dadang Hawari. Foto/Ist

NASIONAL

Psikiater Dadang Hawari Meninggal Dunia di RSCM
Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

KPK Tetapkan Empat Tersangka Baru Terkait Korupsi e-KTP