Home / NASIONAL / UMKM

Rabu, 30 September 2020 - 10:05 WIB

Pedagang Pasar Cempaka Putih Bakal Dapat Keringanan Pinjaman

Kebakaran Pasar Cempaka Putih. Foto/Detik

Kebakaran Pasar Cempaka Putih. Foto/Detik

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berjanji akan memberi bantuan program kepada para pedagang di Pasar Cempaka Putih yang terdampak kebakaran. Pedagang pasar bakal mendapat keringanan pinjaman hingga 12 bulan ke depan.

“Pertama-tama kami ikut prihatin dengan musibah ini dan berharap pedagang yang terdampak musibah ini diberikan kesabaran. Kami juga kebetulan tinggal di daerah Cempaka Putih dan sering berbelanja di sini,” ujar Sekretaris Kemenkop UKM Rully Indrawan mengutip siaran resminya, Senin (28/9) lalu.

Menurut Rully, pihaknya akan melakukan koordinasi internal di lingkungan kementerian untuk memberikan bantuan tanggap darurat kepada para pedagang, maupun pihak eksternal termasuk kepada PD Pasar Jaya yang mengelola pasar Cempaka Putih.

“Selanjutnya kami juga menyiapkan bantuan program yang Insha Allah dialokasikan pada 2021, kita akan kaji bantuan apa yang cocok dan sesuai kebutuhan para pedagang terdampak musibah kebakaran pasar Cempaka Putih ini,” ucapnya.

Sementara itu Dirut LPDB KUMKM Supomo mengatakan Koperasi Pasar (Koppas) Cempaka Putih sudah bagian dari keluarga besar koperasi. Untuk itu, pihaknya akan memberikan bantuan dalam bentuk kelonggaran pinjaman atau penundaan pembayaran sampai 12 bulan.

“Kami juga sadar pedgang butuh modal kerja lagi untuk menggeliat lagi, kami masih hitung untuk bantuan modal kerja baru. Memang ini harus dibersihkan dulu yang penting Tempat Penampungan Sementara (TPS) dibangun dulu karena harus ada tempat dulu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Pasar Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (24/9), sekitar pukul 09.45 WIB mengalami kebakaran. Dalam musibah itu sebanyak 672 kios terkabar dan 404 kios selamat, dengan kerugian diperkirakan Rp24,8 miliar.

(heq/kop)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi PLN. Foto/Ist

NASIONAL

PLN Beri Listrik Gratis untuk Bulan Agustus, Begini Caranya
Penemuan puing yang diduga serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Foto/Antara

NASIONAL

Kesaksian Warga Saat Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182
Tenaga kesehatan tengah menyimpan data pasien Covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

Update Corona 22 Januari: Tambah 13.632, Positif 965.283
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Foto: Istimewa

NASIONAL

DPR Akan Panggil Mendikbud Terkait Dana Kuota
Tangkapan layar PUSATNUSA.

UMKM

Banyak UMKM yang Bergabung, PUSATNUSA Akan Jadi Badan Koperasi
Ilustrasi tsunami. Foto/Ist

NASIONAL

Dua Potensi Besar Pemicu Tsunami di Selatan Jawa
Komjen Agus Andrianto. Foto/Detik

NASIONAL

Kabareskim Baru Janji Tuntaskan Kasus KM 50
Warga DKI Jakarta menggunakan masker. Foto Ilustrasi/Suara

NASIONAL

Indonesia Terbanyak Kasus Positif dan Kematian Karena Covid di ASEAN