Home / NASIONAL

Jumat, 25 September 2020 - 15:52 WIB

Pelajar dan Guru Sudah Bisa Nikmati Kuota Internet Gratis 2020

Ilustrasi pelajar menggunakan internet. Ist

Ilustrasi pelajar menggunakan internet. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim meresmikan kebijakan bantuan kuota data internet 2020, secara virtual, Jumat (25/9). Kebijakan ini diharapkan dapat membantu akses informasi bagi guru, siswa, mahasiswa, dan dosen dalam menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi.

“Saya bersyukur atas kerja sama dan koordinasi yang baik lintas kementerian dan lembaga, sehingga kebijakan bantuan kuota data internet dapat terealisasi. Seluruh penerima manfaat yakni peserta siswa, guru, mahasiswa, dan dosen akan mendapatkan kuota internet sesuai yang diperlukan selama empat bulan ke depan,” kata Nadiem Makarim dalam keterangan resminya.

Nadiem mengatakan, keterbatasan ketersediaan paket data internet bagi pendidik dan peserta didik selama ini menjadi salah satu kendala yang dihadapi selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Solusinya, Kemendikbud beserta pemangku kepentingan lainnya memberikan subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama empat bulan senilai Rp7,2 triliun.

Terlaksananya kebijakan ini, adalah hasil koordinasi antara Kemendikbud dengan pemangku kepentingan lainnya yakni Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Peresmian disaksikan langsung secara virtual oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan para Direksi operator seluler yang ada di Indonesia yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, AXIS, 3 (Tri), dan Smartfren.

(inf/pub)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Sumatera Utara dalam rangka kunjungan kerja pada Selasa, 27 Oktober 2020. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

NASIONAL

Jokowi Tinjau Food Estate dan Bagi-bagi Sertifikat Tanah di Sumut
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka pendidikan Sespimti Dikreg ke-30 dan Sespimen Dikreg ke-61 tahun 2021. Foto/Istimewa

NASIONAL

Buka Sespimti & Sespimen 2021, Kapolri: Jangan Ada Klaster Baru
Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

KPK Periksa Staf Ahli Mensos Telurusi Korupsi Bansos
Gedung Waskita Karya (Ilustrasi). Foto/Kata Data

NASIONAL

Kasus Proyek Fiktif Waskita Karya, KPK Sita Rp12 Miliar
Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Foto/Tirto

NASIONAL

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2020
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono. Foto/Polri

NASIONAL

Polisi Tangkap DPO Terduga Teroris di Lampung
Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) mendesak pemerintah tetap membuka formasi guru pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Foto/Antara

NASIONAL

Guru Honorer Desak Pemerintah Buka Formasi CPNS 2021
Upaya pencarian korban kecelakaan Sriwijaya Air. Foto/Antara

NASIONAL

6 Korban Teridentifikasi, CVR Black Box Masih Dicari