Home / NASIONAL

Kamis, 18 Februari 2021 - 18:38 WIB

Pelantikan Pemenang Pilkada 2020 Digelar Tiga Tahap

Petugas KPPS melakukan proses penghitungan suara Pilkada Kota Medan. Foto/Antara

Petugas KPPS melakukan proses penghitungan suara Pilkada Kota Medan. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik mengatakan pelantikan kepala daerah pemenang pilkada serentak 2020 akan dilangsungkan dalam tiga tahap pada tahun ini.

Pelantikan pada waktu yang berbeda itu karena ada kesenjangan akhir masa jabatan daerah yang sangat tinggi. Itu semua, kata dia, akhirnya dilakukan sesuai dengan habis masa jabatannya.

“Makanya kami sampaikan tig tahap. Serentak tahap pertama itu 26 Februari, serentak tahap kedua itu April, dan serentak tahap ketiga itu akhir Juli 2021,” kata Akmal dalam konferensi pers di Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (17/2).

Akmal mengatakan, pada 26 Februari mendatang, ada sekitar 170 kepala daerah yang akan dilantik. Sebanyak 122 kepala daerah diantaranya tidak ada sengketa dan siap dilantik. Sementara 50 daerah lainnya masih menunggu hasil putusan Mahkamah Konstitusi soal sengketa Pilkada Serentak 2020.

“MK kami memperkirakan ada kurang lebih jumlahnya 50, jadi ada sekitar 170-an yang akan kita lantik akhir Februari ini,” katanya.

Kemudian untuk tahap dua, dipastikan ada 17 kepala daerah yang habis masa jabatannya akan mengikuti pelantikan di bulan April. Akmal juga masih menunggu keputusan sidang MK terhadap 13 daerah yang ikut serta dalam Pilkada Serentak 2020.

Pada tahap terakhir, Akmal mengatakan ada 11 kepala daerah yang habis masa jabatannya pada Mei dan 17 kepala daerah yang habis masa jabatannya pada Juni. Ke-28 kepala daerah ini akan dilantik pada tahap ketiga yaitu akhir Juni atau awal Juli mendatang.

Sementara kabupaten/kota yang masa kepala daerahnya baru akan habis pada September atau akhir Juli, akan ikut dilantik pada pelantikan tahap tiga. Seperti, Kabupaten Yalimo, Memberamo Raya, Muna, dan Kota Pematang Siantar akan ikut dilantik pada Juli.

“Kami mengimbau kepada gubernur, KPUD, kemudian DPRD untuk segera mempercepat proses di masing-masing tahapan. Kita juga membangun keserentakan ini agar jangan terlalu banyak kegiatan di daerah di masa Covid-19 ini,” tuturnya.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Foto/Liputan6

NASIONAL

Usut Kematian 6 Laskar FPI, Rizieq Minta Jokowi Turun Tangan
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto/MI

NASIONAL

Mahfud Buka 3 Jalan buat Pihak yang Kontra UU Ciptaker
Sampah sisa demo tolak Omnibus Law Cipta KErja di Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Dinas LH DKI Angkut 2,1 Ton Sampah Sisa Demo Omnibus Law
Budi Gunadi Sadikin. Foto/BNPB

NASIONAL

Warga yang Sudah Divaksin Dapat Sertifikat Bebas Pergi
Pengunjung mengenakan masker mengunjungi Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Senin (15/6/2020). Foto/MI

NASIONAL

PSBB Lebih Efektif Dibanding Wacana Lockdown Weekend
Ilustrasi--Pelabuhan Merak. Foto/Antara

NASIONAL

ASDP Sebut 232 Ribu Penumpang Kembali ke Jawa
Ilustrasi--Penumpang kereta api Cirebon menurun. Foto/Antara

NASIONAL

Pengguna Transportasi Publik Berisiko Tinggi Terpapar Covid
Ibadah umrah dan haji. Foto/Saudi Express

NASIONAL

Jemaah Umrah Indonesia Diimbau Patuhi Protokol Kesehatan