Home / EKONOMI / PARIWISATA

Kamis, 17 Desember 2020 - 15:12 WIB

Peluang Pemasukan Negara Rp300 T dari Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnuatama Kusubandio. Foto/Antara

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnuatama Kusubandio. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan pelaku sektor pariwisata masih memiliki peluang menggenjot wisata domestik. Pasalnya, ia mengungkapkan sekitar 6 juta hingga 7 juta orang Indonesia melancong ke luar negeri tahun lalu.

Jutaan orang tersebut menghasilkan 303 juta perjalanan ke luar negeri dengan dampak perekonomian mencapai Rp300 triliun. Dengan pembatasan perjalanan wisata ke luar negeri, ia menilai potensi tersebut sebagai peluang besar pelaku sektor pariwisata dalam negeri.

“Ini adalah opportunity (peluang) yang sebenarnya belum diulik,” ujarnya dalam acara Penandatangan Nota Kesepahaman PHRI dan Air Asia, Rabu (16/12).

Melihat potensi tersebut, ia meminta pelaku usaha sektor pariwisata tidak putus asa. Meskipun, ia mengakui sektor pariwisata merupakan sektor yang terdampak paling besar dari penyebaran virus corona.

“Ini justru menjadi tantangan kita untuk dapat meng-capture potensi market yang tidak bisa keluar ini. Jadi, jangan putus asa dulu,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta sektor aviasi mengubah strategi mereka dari membawa wisatawan ke luar negeri menjadi membawa turis ke dalam negeri. Dengan demikian, devisa negara pun turut bertambah.

Menurutnya, sejumlah negara telah menerapkan strategi serupa seperti Thailand dan Uni Emirat Arab. Lewat strategi itu, kedua negara tersebut berhasil menggenjot sektor pariwisatanya.

“Saya harapkan walaupun sudah melandai covid-19, saya ingin ingatkan teman aviasi agar strategi aviasi kita bukan outbound tapi inbound. Jadi upaya kita ke depan aviasi harus cari potensi dari negara lain untuk bawa ke Indonesia,” katanya.

(kem/par)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo menghadiri dan menyampaikan pidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat pada Sabtu, 21 November 2020. Foto/BPMI/Setpres

EKONOMI

Jokowi Ingin UMKM Naik Kelas, Kolaborasi dengan Usaha Besar
Ilustrasi uang Rpiah. Foto/Ist

EKONOMI

Subsidi Gaji Honorer Cair Akhir Oktober 2020
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto/Pikiran Rakyat

EKONOMI

Percepatan Digitalisasi dan Inovasi untuk Pulihkan Ekonomi
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan pers hasil Rapat Dewan Gubernur di kantor Bank Indonesia. Foto/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

EKONOMI

BI Akan Terbitkan Uang Digital
Ilustrasi unggas ayam. Foto/Ist

EKONOMI

Jaga Stabilisasi Harga Ayam Potong
Ilustrasi--Pedagan pakaian di Tanah Abang, Jakarta. Foto/Media Indonesia

EKONOMI

Jenis Usaha yang Berhak Terima BLT UMKM Rp3,5 Juta
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Antara

EKONOMI

Realisasi Penyaluran Banpres UMKM Capai 100 Persen
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/MI

EKONOMI

Realisasi Dana PEN Capai 60,9 Persen per 23 November