Home / EKONOMI

Jumat, 18 Desember 2020 - 15:40 WIB

Pemerintah Bakal Bangun 2.400 SPBU Mobil Listrik hingga 2025

Ilustrasi SPBU mobil listrik. Foto/Liputan6.com

Ilustrasi SPBU mobil listrik. Foto/Liputan6.com

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana membangun 2.400 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan 10 ribu Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) hingga 2025.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan proyek tersebut didukung oleh Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, sebagai regulasi turunan dari Perpres 55 Tahun 2019.

Untuk mempermudah pengguna mobil listrik yang ingin mengisi bahan bakar, Kementerian ESDM menginisiasi penyiapan situs khusus untuk akses data dan informasi seputar Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KLBBB).

“Peta jalan menuju era KBLBB juga sedang disiapkan,” terang Arifin dalam Launching KBLBB yang disiarkan langsung Kementerian ESDM via YouTube, Kamis (17/12)

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri juga telah menggerakkan seluruh gubernur di Indonesia untuk menerbitkan Peraturan Gubernur yang mengatur pemberian insentif, mengikuti public launching, dan menggunakan KBLBB untuk kendaraan jabatan, operasional, maupun kendaraan umum.

Arifin mengatakan Indonesia memiliki potensi untuk membuat kendaraan listrik karena teknologi dan komponen yang digunakan lebih sederhana daripada kendaraan konvensional. Hal ini merupakan kesempatan besar bagi industri otomotif di dalam negeri.

“Selain itu, kita juga memiliki potensi kemampuan dalam negeri untuk memproduksi baterai dengan didukung potensi tambang mineral nikel yang cukup besar sebagai bahan baku baterai,” imbuhnya.

Seperti diketahui, pemerintah sendiri telah membentuk Indonesia Battery Holding (IBH) yang merupakan gabungan dari beberapa BUMN yaitu MIND ID, PT Pertamina, PT PLN, dan PT Aneka Tambang. Holding baterai ini akan mengolah produk nikel dari hulu ke hilir hingga menjadi produk baterai kendaraan listrik.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Pelaku UMKM memperlihatkan produknya di marketplacr online. Foto/Antara/Andreas Fitri Atmoko

EKONOMI

Pemerintah Harus Beri Subsidi Ongkir untuk UMKM Online
Pedagang berjualan daging sapi di Los Daging Pasar Ciroyom, Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/1). Foto/Antara

EKONOMI

Pemerintah Bakal Impor 100 Ribu Ton Daging untuk Lebaran
Antrian calon penumpang untuk pemeriksaan dokumen di Terminal 2, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (15/5/2020). Foto/MI

EKONOMI

Puncak Mudik Natal di Bandara Soetta Diprediksi 23 Desember
Uang Rupiah. Foto: Istimewa

EKONOMI

Jokowi: Uang Rakyat Harus Dikelola Secara Bertanggung Jawab dan Transparan
Wilayah Blok Rokan Chevron. Foto/Ist

EKONOMI

SKK Migas dan Chevron Sepakati Perjanjian Produksi Minyak di Blok Rokan
Ilustrasi uang Rpiah. Foto/Ist

EKONOMI

Pemerintah Ubah Rumus Perhitungan Upah Buruh
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso. Foto/ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

EKONOMI

OJK Perpanjang Keringanan Bayar Kredit hingga 2021
Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman. Foto/Kemenkop UKM

EKONOMI

Tak Ada Potongan Dana Banpres UMKM Rp2,4 Juta