Home / NASIONAL

Kamis, 8 Oktober 2020 - 11:44 WIB

Pemerintah Buka Kerja Sama Pengadaan Barang dengan Ormas

Menteri Dalam Negeri (Mendagri)  M Tito Karnavian. Foto/Ist

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan membuka pintu kerja sama pemerintah daerah (Pemda), dan dengan organisasi kemasyarakatan (Ormas), dalam pengadaan barang/jasa pemerintah terkait penanganan Covid-19.

“Mendagri M Tito Karnavian membuka akses organisasi kemasyarakatan, termasuk LSM, dalam upaya percepatan penanganan Covid-19,” kata Staf Khusus Mendagri bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga, melalui keterangan resminya, Kamis (8/10).

Menurutnya, pengadaan barang/jasa yang bisa melibatkan ormas seperti sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19; sensus, survei, pengolahan data, perumusan kebijakan publik, dan pengujian laboratorium.

“Pemda dapat melakukan kerja sama dengan organisasi kemasyarakatan termasuk LSM melalui skema Swakelola Tipe lll dalam pengadaan barang/jasa pemerintah,” ujarnya.

Dalam Perpres Nomor 16 Tahun 2018, Swakelola Tipe III dilakukan lewat kontrak antara pejabat pembuat komitmen (PPK) dengan kepala ormas. Anggaran yang diberikan pihak pemerintah harus sesuai ketentuan perundang-undangan.

Dalam Surat Edaran (SE) yang ditandatangani Tito, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi ormas sebelum ikut proyek. Syarat-syarat itu adalah berbadan hukum dan terdaftar di Kemenkumham, memiliki perangkat organisasi, dan mempunyai bidang kegiatan yang berhubungan dengan barang/jasa yang diadakan.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2020, tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

(heq/kdn)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi Kartu Prakerja. Foto/Ist

NASIONAL

Siap-siap, Kartu Prakerja Gelombang 6 Segera Dibuka
Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak. Foto/Istimewa

NASIONAL

16 Orang Ditunjuk Jadi PLH Bupati-Wali Kota Daerah Jatim
Pembangunan desa. Foto: Istimewa

NASIONAL

Kemendes Rilis 17 Tujuan Pembangunan Desa
Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto: Istimewa

NASIONAL

Selama 2020, Polri Tangkap 48 Ribu Tersangka Narkoba
KPU. Foto/Ist

NASIONAL

40 Komisioner dan Staf KPU Positif Corona
Foto: Ist

NASIONAL

PSBB Ketat Harus Perhatikan Multisektor
Ilustrasi swasembada pangan. Foto/Ist

NASIONAL

Wujudkan Swasembada Pangan dengan Ketersediaan Bibit Unggul
Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

KPK Sita 5 Mobil dan Uang Rp16 Miliar Kasus Benur Edhy Prabowo