Home / NASIONAL

Kamis, 6 Agustus 2020 - 13:51 WIB

Pemerintah Didorong untuk Pemberdayaan Produk Domestik Tekan Impor

ilustrasi ekspor dan impor. Foto/Ist

ilustrasi ekspor dan impor. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar mendorong pemberdayaan produk-produk domestik guna menekan impor di tengah masa pandemi. Marwan menjelaskan, pemberdayaan itu khususnya pada produk bahan pangan seperti beras, gula, kedelai, dan bawang putih.

Menurutnya, pengurangan impor komoditas tersebut bisa dilakukan dengan cara memprioritaskan pasokan barang sejenis di dalam negeri. Marwan mengungkapkan, upaya tersebut dapat mendorong bergeraknya ekonomi beberapa sektor riil atau produktif di masyarakat.

Terlebih di masa pandemi ini, volume dan nilai impor beberapa komoditas pangan tidak berkurang atau sama seperti kondisi sebelum pandemi Covid-19. Demikian disampaikan Marwan dalam keterangan persnya, Kamis (6/8).

“Semestinya sektor-sektor semisal pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan, sejumlah sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta ekonomi kreatif sebagai produsen komoditas konsumsi pangan sangat berpeluang mengganti beberapa komoditas impor yang bernilai dan ber-volume besar serta amat menguras devisa negara,” ujar mantan Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu.

Lebih lanjut, politisi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) tersebut menambahkan, jika menengok pengalaman berbagai negara juga menunjukkan berkat kinerja serius pada keempat sektor agrobisnis dan agroindustri itu terbukti berkontribusi besar untuk memperkuat fondasi perekonomian bangsa.

“Lebih dari itu, sinergi kedua sektor dari hulu hingga hilir itu secara berkelanjutan juga hampir dipastikan bakal berpengaruh positif pada berbagai lini perekonomian. Mulai dari penyerapan tenaga kerja, masuknya sejumlah investor, memperkuat posisi cadangan devisa negara hingga berkontribusi signifikan terhadap penerimaan fiskal. Serta, pendapatan warga masyarakat maupun pertumbuhan ekonomi nasional,” tandasnya. (rls/dpr)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

DPR Dukung Penguatan Hubungan Strategis Indonesia-Singapura
Kapolri, Jendral Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., memimpin pelaksanaan Upacara peringatan HUT ke-70 Korpolairud tahun 2020 di Mabes Polri Jakarta, Selasa (1/12). Foto/Polri

NASIONAL

Pesan Kapolri di HUT ke-70 Korpolairud
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla. Foto/MI

NASIONAL

JK Usul Salat Tarawih Dibagi Dua Gelombang
Ilustrasi Kartu Prakerja. Foto/Ist

NASIONAL

Insentif Prakerja Tak Kunjung Cair? Ini Sebabnya
Letusan Gunung Merapi terlihat dari bungker Kaliadem, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (17/11). Foto/Antara/Rudi

NASIONAL

Status Merapi Siaga, BPNB Minta Tetap Jaga Protokol Kesehatan
Ilustrasi, Sungai Kawsasan Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh. Foto/Antara

NASIONAL

BMKG Sebut Potensi Banjir di Awal 2021
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka pendidikan Sespimti Dikreg ke-30 dan Sespimen Dikreg ke-61 tahun 2021. Foto/Istimewa

NASIONAL

Buka Sespimti & Sespimen 2021, Kapolri: Jangan Ada Klaster Baru
Sebanyak 69 motor dari peserta aksi massa menolak UU Cipta Kerja, Selasa (13/10) lalu diamankan Polda Metro Jaya. Foto/Detik

NASIONAL

69 Motor Pengunjuk Rasa Diamakan Polda Metro Jaya