Home / NASIONAL

Rabu, 7 Oktober 2020 - 14:55 WIB

Pemerintah Diminta Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik

Pupuk organik. Ist

Pupuk organik. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah diminta untuk terus mendorong petani dalam penggunaan pupuk organik. Hal ini guna menciptakan ketahanan lingkungan serta produk pertanian yang berkualitas.

“Dalam jangka panjang pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian juga tidak boleh terus-menerus petani bergantung dengan pupuk kimia harus didorong sinergi dengan peternakan, perikanan, lingkungan hidup agar petani kita bisa mandiri,” kata wakil ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi seperti dikutip, Rabu (7/10).

Dedi menambahkan, untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, pemerintah harus meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian. Caranya, ujar dia, melalui penerapan teknologi budidaya secara tepat dengan penggunaan sarana produksi di wilayah masing-masing.

Untuk itu, Dedi meminta ke depan pemerintah harus berupaya dalam me-recovery tanah. Hal itu agar petani tidak mengalami degradasi tingkat produktivitas dampak dari penggunaan pupuk yang sangat tinggi.

“Jangan sampai nanti kita mengalami masa dimana produksi menurun tajam karna hancurnya tata guna tanah,” ungkap Dedi.

Sementara itu, Dirjen Tanaman Pangan Kementan Suwandi mengatakan, pihaknya telah mengalokasi kuota pupuk subsidi termasuk untuk pupuk organik. Selain itu, Kementan juga sudah memiliki program terkait penggunaan pupuk organik yang akan terus dikembangkan.

“Petani juga bisa menggunakan pupuk organik mandiri dari lingkungan sekitar dari limbah dengan proses reuse, reduce dan recycle (3R),” ucap Suwandi.

Ia mengungkapkan, kecenderungan penggunaan pupuk kimiawi yang semakin meningkat menjadikan lahan menjadi tandus kurang subur, dikarenakan tanah tidak memiliki lagi cacing, mikroba.

“Kami akan terus mendorong penggunaan pupuk organik di lahan petani, sehingga dampak penggunaan pupuk kimiawi dapat dikurangi,” terang Suwandi.

(heq/dpr)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi polisi. Ist

NASIONAL

Medan dan Batam Sangat Rawan Konflik
Ilustrasi--Imlek. Foto/Antara

NASIONAL

Pejabat DKI Terlibat Kerumunan Imlek PIK Bakal Disanksi
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Foto/Ist

NASIONAL

Mulai 2021, Dana BOS di Daerah 3T Akan Ditambah
Pemprov DKI luncurkan porgram PSBB OK. Foto/Ist

NASIONAL

Pemprov DKI Luncurkan Program PSBB OK
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Kompas

NASIONAL

Anies Perpanjang PSBB Transisi DKI hingga 22 November
Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto/Antara

NASIONAL

Polri Ungkap 4.250 Kejahatan Siber hingga November 2020
Sejumlah puing dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Foto/Antara

NASIONAL

Ada Kemungkinan Pesawat SJ 182 Tak Meledak di Udara
Foto: Ist

NASIONAL

Pemprov DKI Resmi Tiadakan SIKM, Diganti CLM