Home / NASIONAL / UMKM

Rabu, 29 Juli 2020 - 11:35 WIB

Pemerintah Harus Lakukan Pendampingan Terhadap UMKM

Wakil Ketua DPR RI A. Muhaimin Iskandar. Foto: Istimewa

Wakil Ketua DPR RI A. Muhaimin Iskandar. Foto: Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Wakil Ketua DPR RI A. Muhaimin Iskandar menekankan pentingnya memanfaatkan potensi ekonomi digital dan pendampingan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam pemulihan ekonomi nasional.

Menurutnya, pendampingan terhadap UMKM meliputi aspek legalitas badan usaha, peningkatan kualitas produk, kualitas kemasan, sertifikasi produk, penyediaan jasa logistik, gudang dan pengiriman, serta akses terhadap pendanaan atau modal kerja.

“Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah memanfaatkan peluang dan potensi ekonomi digital dan pendampingan terhadap UMKM. Pendampingan terhadap UMKM sehingga punya kemampuan bankable. Sekaligus memanfaatkan sistem online. Saat ini baru 8 juta, atau 12.5 persen, dari total 64 juta UMKM yang masuk ke market place,” papar Gus Ami sapaan akrabnya dalam rilisnya, Senin lalu.

Pendampingan juga bisa dilakukan dengan mensinergikan program-program pemerintah lainnya, seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Dana Desa, sehingga konsumsi rumah tangga bisa naik. Menurutnya tanpa upaya merangsang konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah, UMKM akan jalan ditempat.

Gus Ami menyarankan agar pemerintah dan masyarakat dapat memberikan dukungan terhadap UMKM dengan memprioritaskan belanja barang-barang buatan dalam negeri.

“Kita mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia atau membeli produk-produk dalam negeri. Melalui gerakan ini akan menimbulkan multiple effect. UMKM bisa produksi, Rakyat belanja dengan harga terjangkau dan pada akahirnya akan menggerakkan sektor ekonomi mikro,” ujar Ketum DPP PKB ini. (rls/dpr)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi--Suku Baduy. Foto/Antara

NASIONAL

Suku Baduy Nol Kasus Corona Hampir Setahun Pandemi
Ilustrasi pasien positif Covd-19. Foto: Istimewa

NASIONAL

Update Corona 16 Desember: Tambah 6.725, Positif 636.154
Polisi Militer (POM) TNI meringkus wanita yang viral di media sosial karena memamerkan pelant nomor kendaraan milik TNI palsu.

NASIONAL

TNI Tangkap Wanita Viral Pamer Pelat TNI Palsu
Ilustrasi--Pekerja mengumpulkan puing bangunan yang rusak berat gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah. Foto/Antara

NASIONAL

81 Korban Tewas Akibat Gempa Sulbar
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta menggelar rapat Paripurna penetapan Raperda tentang APBD Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2021 menjadi Perda, Senin (7/12). Foto/DPRD DKI

NASIONAL

DPRD dan Pemprov DKI Setujui APBD 2021 Rp84,19 T
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Doni Monardo. Foto/Ist

NASIONAL

Waspada, Penularan Virus Corona Terjadi dari Orang Terdekat
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Foto/Istimewa

NASIONAL

DPR Masih Tunggu Daftar Nama Calon Kapolri
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

Anies Ungkap Banjir Jakarta Surut 100 Persen