Home / EKONOMI

Selasa, 12 Januari 2021 - 15:33 WIB

Pemerintah Izinkan Kapasitas Pesawat 100 Persen Selama PPKM

Ilustrasi--Bagian dalam pesawat tengah disemprot disenfektan. Foto/Angkasa Pura

Ilustrasi--Bagian dalam pesawat tengah disemprot disenfektan. Foto/Angkasa Pura

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Perhubungan mengizinkan tingkat keterisian penumpang pesawat mencapai 100 persen. Kebijakan ini mulai berlaku 9 Januari hingga 25 Januari 2021 atau selama masa PPKM Jawa Bali.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 3 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksana Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara dalam Masa Pandemi Covid-19.

“Selama pemberlakuan surat edaran ini, maksimal 70 persen kapasitas angkut sebagaimana diatur dalam SE Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2020 angka 4, huruf a, butir 12, tidak diberlakukan,” demikian bunyi poin 5 SE Nomor 3/2021, Senin (11/1).

Namun, dalam SE yang ditandatangani Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub ini mengatur syarat wajib surat keterangan hasil negatif rapid test antigen dan PCR juga masih berlaku.

Kecuali, bagi penerbangan angkutan udara perintis dan angkutan udara di daerah 3T (terdepan, terpencil, tertinggal), dan bagi penumpang anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun.

Selain itu, maskapai tetap harus menyediakan tiga baris kursi (seat row) yang diperuntukkan sebagai area karantina bagi penumpang dengan indikasi gejala covid-19.

Penumpang juga tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan. Kemudian penumpang wajib mengisi e-HAC untuk ditunjukkan petugas kesehatan di bandara tujuan.

Terakhir, penumpang tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan yang kurang dari 2 jam. Kecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan.

Share :

Baca Juga

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto/Antara

EKONOMI

Menkop UKM: UU Ciptaker Bakal Perkuat KUMKM dalam Rantai Pasok
Presiden Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2020 sebagaimana diunggah pada kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 22 Oktober 2020. Foto: BPMI Setpres/Lukas

EKONOMI

Jokowi Prediksi Ekonomi Digital RI Sentuh Rp1,8 Kuadriliun pada 2025
Pekerja PGN sedang memeriksa pipa saluran gas bumi. Foto/Tempo

EKONOMI

PGN Salurkan Gas untuk Lima Pelanggan Industri Baja dan Logam
Foto: Istimewa

EKONOMI

Bulan Depan, Gaji ke-13 PNS Cair
Menkeu Sri Mulyani (kiri) dan Ketua DPR RI Puan Maharani. Ist

EKONOMI

DPR Setujui APBN 2021 Capai Rp2.750,02 Triliun
Ilustrasi stimulus Rupiah. Foto/Antara

EKONOMI

Kebijakan Stimulus Covid-19 Diperpanjang hingga Maret 2022
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. Foto/MI

EKONOMI

Lowongan ASN di 2021 Dibuka untuk 1,3 Juta Orang
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto/MI

EKONOMI

Balai Uji Kendaraan Bermotor Bakal Dibangun di Bekasi