Home / NASIONAL

Kamis, 17 September 2020 - 14:15 WIB

Pemerintah Seharusnya Tak Lewatkan Momentum Tingkatkan Cadangan Minyak

JAKARTA, BERITANUSA.id – Anggota Komisi VII DPR RI Rudy Mas’ud menyesalkan pemerintah yang tidak bisa memanfaatkan momentum menurunnya harga dan permintaan komoditas minyak beberapa waktu lalu. Padahal hal tersebut sangat dibutuhkan Indonesia untuk meningkatkan kapasitas cadangan minyak untuk menambah kapasitas nasional.

“Cadangan nasional kita hanya sanggup untuk 20 hari, padahal idealnya 60 hari. Pada saat demand turun kemarin BBM, harga minyak turun, harusnya ini jadi momentum untuk bisa meningkatkan kapasitas nasional. Seharusnya ini yang kita pikirkan. Harusnya program perbaikan tangki ini storage-storage ini menjadi prioritas,” ujar Rudy saat rapat dengan BPH Migas, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (15/9).

Rudy mengatakan, sebenarnya Komisi VII siap mendukung langkah BPH Migas dan Pertamina untuk fokus terhadap tingkat cadangan minyak, namun nyatanya belum ada political will dari kedua lembaga tersebut. Menurutnya, dua lembaga ini harus segera menetapkan skala prioritas arah kebijakan mereka.

“Meminta dukungan hanya ketika proyek pipanisasi yang menurut saya tidak begitu penting. Dan yang saya selalu lihat di sini itu ya mainannya Cuma kalau tidak pipa gas ya digitalisasi. Selalu ini saja yang diutamakan,” terangnya.

Rudy bahkan berharap agar prioritas proyek digitalisasi dan pipanisasi dapat dihentikan terlebih dahulu mengingat kondisi cadangan minyak yang masih sangat kurang.

“Bukan tidak penting, tetapi tentunya ada skala prioritas. Karena kenapa? Kalau kondisi normal mau meningkatkan cadangan nasional itu biayanya sangat-sangat besar,” tandasnya. (rls/dpr)

Share :

Baca Juga

Ketua Umum PBNU Said Aqil. Ist

NASIONAL

Ketum PBNU Said Aqil Positif Corona
Pembangunan kampus baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Sindangsari, Kabupaten Serang, mewakili semangat Provinsi Banten untuk memajukan pendidikan tinggi di wilayahnya. Foto/BPMI

NASIONAL

Jokowi Minta Universitas Fungsikan Sebagai Menara Air
Abu Bakar Baasyir (tengah). Foto/Antara

NASIONAL

Abu Bakar Baasyir Bebas Murni 8 Januari

NASIONAL

Sat Narkoba Polres Paser Berhasil Mengungkap 4 Kasus Narkoba Dalam Satu Malam
Pengunjung mengenakan masker mengunjungi Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Senin (15/6/2020). Foto/MI

NASIONAL

PSBB Lebih Efektif Dibanding Wacana Lockdown Weekend
Abu Bakar Baasyir (tengah). Foto/Antara

NASIONAL

Abu Bakar Ba’asyir Bebas Murni Hari Ini
Wisma Atlet Kemayoran. Foto/Berita Satu

NASIONAL

Pasien Mesum Sesama Jenis di Wisma Atlet Jadi Tersangka
Ojek daring terdampak pemberlakuan PSBB. Pengemudi ojek daring menunggu pesanan di kawasan gedung perkantoran Sudirman, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Satgas Klaim Kasus dan Pasien RS Turun Sepekan PPKM Mikro