Home / EKONOMI

Jumat, 22 Januari 2021 - 11:00 WIB

Anggaran Penanganan Covid 2021 Senilai Rp61,8 T

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/Antara/Muhammad Adimaja

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/Antara/Muhammad Adimaja

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyebut pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp61,8 triliun untuk penanganan Covid-19 pada 2021. Namun, ia tidak menutup kemungkinan anggaran bisa berubah sesuai dengan kebutuhan.

“Penanganan Covid-19 tahun 2021 memakan anggaran Rp61,8 triliun dan ini pun masih akan bisa berubah dengan adanya ketidakpastian terhadap peningkatan jumlah kasus,” ujar Sri Mulyani, Jakarta, Kamis (21/1).

Menurut Sri Mulyani, anggaran tersebut juga mencakup pengamanan vaksin virus Corona. “Anggaran ini juga untuk keinginan pemerintah untuk mengamankan supply vaksin Covid-19, dimana program vaksinasi sudah dimulai,” jelas Sri Mulyani.

Dengan anggaran yang disediakan ini, Menkeu berharap program vaksinasi bisa berjalan dengan lancar. Sehingga daerah-daerah dengan pasien terinfeksi positif paling besar dapat ditekan angka penyebarannya.

“Kita berharap seluruh daerah di Indonesia terutama daerah-daerah yang mengalami Covid-19 paling tinggi akan segera mengkombinasikan vaksinasi dan disiplin kesehatan,” tuturnya.

Selain itu, menurut dia, dengan adanya program vaksinasi ini ekonomi pun dapat pulih secara perlahan. Masyarakat pun dapat kembali melakukan aktivitas dan mobilitas yang berdampak pada roda perekonomian.

“Maka kalau itu dilakukan kita boleh berharap bahwa perekonomian bisa pulih kembali, karena masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas, mobilitas dan itu berarti kegiatan konsumsi, investasi, ekspor akan meningkat,” tukasnya.

(kem/keu)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi kota DKI Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional. Foto/Ist

EKONOMI

Tiga Penyebab Utama Pertumbuhan Ekonomi Negatif
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto/PUPR

EKONOMI

PUPR Peroleh Pagu Anggaran Tahun 2021 Rp149 Triliun
Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

EKONOMI

Jokowi Ingin RI Main Pasar Mobil Listrik
Ilustrasi token listrik gratis PLN. Foto/Ist

EKONOMI

Cara Klaim Token Listrik Gratis Desember
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

4 Program BLT Pemerintah Mengalir Hingga 2021
Simulasi penyelenggaraan kegiatan pernikahan saat new normal pandemik covid-19 di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, kemarin. Foto/Antara

EKONOMI

Calon Pengantin Akan Dapat BLT Rp3,5 Juta
Ilustrasi unggas ayam. Foto/Ist

EKONOMI

Jaga Stabilisasi Harga Ayam Potong
Sejumlah perawat beristirahat dengan mengenakan alat pelindung diri di IGD khusus penanganan COVID-19 di RSUD Arifin Achmad, Riau. Foto/Antara

EKONOMI

Kemenkeu Bakal Pangkas Insentif Tenaga Kesehatan