Home / EKONOMI / UMKM

Jumat, 18 September 2020 - 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Banyak Stimulus untuk Pelaku UMKM

Ilustrasi UMKM. Foto/Ist

Ilustrasi UMKM. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah menyiapkan banyak stimulus untuk diberikan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal ini dinilai penting untuk menjaga pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kami mencatat keberadaan pelaku UMKM sekitar 99 persen dari total pelaku bisnis Indonesia. Kontribusinya terhadap tenaga kerja pun cukup besar yaitu 97 persen. Mereka menciptakan 99 persen dari total lapangan kerja dan menyumbang 63 persen total produk domestik bruto nasional,” kata Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir dikutip Beritanusa.id dari Bisnis.com, Kamis (17/9).

Iskandar menyebut, para pelaku UMKM harus benar-benar dibantu pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Kalau tidak, kata dia, maka akan membuat perekonomian Indonesia semakin jatuh.

“Banyak stimulus yang sudah diberikan seperti banpres (bantuan presiden) tunai sebesar Rp2,4 juta untuk 12 juta usaha, KUR (kredit usaha rakyat) super mikro sampai dengan Rp10 juta untuk 3 juta usaha mikro dengan bunga 0 persen sampai Desember 2020,” terang Iskandar.

Lebih lanjut, Iskandar mengatakan, pemerintah juga memberikan KUR mikro di atas Rp10 juta hingga Rp50 juta dengan bunga 0 persen sampai akhir tahun ini. Lalu, ada pula kredit ultra mikro (UMi).

“Kemudian program Mekaar (membina ekonomi keluarga sejahtera) dari PT PNM (Persero), pembiayaan LPDB (lembaga pengelola dana bergulir) sebesar Rp1 triliun dan pembebasan PPh final,” pungkasnya. (heq/bis)

Share :

Baca Juga

Foto udara pembangunan Sirkuit Mandalika di NTB. Foto/MI

EKONOMI

Sandiaga Bakal Gelar Mini Triatlon di Mandalika
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan pers hasil Rapat Dewan Gubernur di kantor Bank Indonesia. Foto/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

EKONOMI

BI Beri Syarat Kredit Mobil DP 0 Persen
Sejumlah peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Indonesia. Foto/Antara

EKONOMI

Syarat Seleksi Masuk STAN Harus Ikut UTBK
Harga daging sapi di pasar tradisional Klaten, Jawa Tengah tembus Rp140.000 per kg pada H-2 Lebaran. Foto/Antara

EKONOMI

Pedagang Daging Sapi Kembali Jualan
Otoritas Jasa Keuangan. Foto/Bisnis

EKONOMI

Bank Daerah Diharapkan Bisa Go Digital
Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di wilayah Solo, Jawa Tengah. Foto/Antara

EKONOMI

Anggaran Rp2,88 T Disiapkan untuk Subsidi Listrik Gratis
Pemerintah akan memperpanjang pemberian bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp2,4 juta bagi UMKM. Foto Ilustrasi/Ist

UMKM

Dua Cara UMKM Cek dan Lapor Bila Belum Dapat BLT Rp2,4 Juta
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/AntaraMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/Antara

EKONOMI

Defisit APBN Oktober 2020 Tembus Rp764,9 T