Home / NASIONAL

Rabu, 17 Februari 2021 - 15:27 WIB

Pemerintah Targetkan Vaksinasi Pedagang di 115 Pasar Jabodetabek

Simulasi vaksin covid-19 kepada tenaga medis. Foto/MI

Simulasi vaksin covid-19 kepada tenaga medis. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menargetkan vaksinasi Covid-19 kepada pedagang di 115 pasar di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Vaksinasi ini dilakukan bertahap setelah vaksinasi kepada pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat selesai.

“Kalau tidak salah Jabodetabek ada 115 pasar, di sana kita akan lakukan (vaksinasi Covid-19) secara bertahap,” kata Budi saat meninjau proses vaksinasi tahap kedua di Pasar Tanah Abang, Rabu (17/2).

Budi mengatakan vaksinasi tahap kedua ini akan berlangsung di beberapa lokasi, antara lain di fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit, vaksinasi di institusi negara, vaksinasi massal di satu tempat, atau vaksinasi massal bergerak.

Budi menargetkan mampu menyasar 55 ribu pedagang dalam waktu lima hari di Pasar Tanah Abang. Namun demikian, ia mengaku hingga hari ini data pedagang pasar yang sudah melakukan validasi baru sekitar 9.700 orang.

Mantan wakil menteri BUMN itu menyebut pihaknya telah menyiapkan 10 ribu dosis vaksin pada hari ini. Ia meminta warga lain yang memang berprofesi sebagai pedagang pasar yang belum terdaftar segera melakukan pendaftaran.

“Nanti kita lihat, ini kan baru hari pertama. Tapi, kalau saya lihat mejanya lumayan banyak dan masih ada yang belum terisi, saya rasa siangan lah mudah-mudahan baru kita lihat apakah vaksinasi ini cukup lima hari atau tidak,” ujarnya.

Selain pedagang pasar, pemerintah bakal melakukan vaksinasi tahap kedua terhadap 16,9 juta petugas pelayanan publik di Indonesia. Mereka terdiri dari tenaga pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah dan aparatur sipil negara (ASN).

Kemudian petugas keamanan; petugas pariwisata, hotel, dan restoran; pelayan publik yang termasuk petugas Damkar, BPBD, BUMN, BUMD, BPJS, dan kepala perangkat desa. Selanjutnya, pekerja transportasi publik, atlet, hingga wartawan atau pekerja media.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Menteri Sosial Juliari P Batubara (kanan). Foto/Antara/Hafidz Mubarak A

NASIONAL

KPK Tetapkan Mensos Juliari Tersangka Bansos Covid-19
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Foto/Antara

NASIONAL

Ada 28 Laporan Soal Efek Samping Vaksin Corona
Pengunjung mengenakan masker mengunjungi Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Senin (15/6/2020). Foto/MI

NASIONAL

PSBB Lebih Efektif Dibanding Wacana Lockdown Weekend
Ilustrasi Covid-19 di Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Update Corona 18 Desember: Tambah 6.689, Positif 650.197
Kondisi jalan di DKI Jakarta selama PSBB. Foto/Suara

NASIONAL

Angka Kecelakaan Naik 40 Persen Selama PSBB Ketat DKI
Bawang putih. Foto/Kompas

NASIONAL

Pemerintah Harus Wujudkan Swasemba Bawang Putih
Ilustrasi gula. Foto: Istimewa

NASIONAL

Bangkitkan Komoditi Gula, Pemerintah Harus Miliki Perencanaan Matang
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

UU Cipta Kerja Tetap Sah Meski Tanpa Tanda Tangan Jokowi