Home / NASIONAL

Selasa, 6 Oktober 2020 - 16:22 WIB

Pemilih di Pilkada 2020 Wajib Miliki e-KTP

Ilustrasi Pilkada 2020. Ist

Ilustrasi Pilkada 2020. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Seluruh pemilih pada Pilkada 2020 harus memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sebelum hari pemungutan suara pada 9 Desember. Hal ini menjadi syarat wajib untuk bisa memilih.

“Pak Dirjen Dukcapil dan seluruh kepala Dinas Dukcapil agar betul-betul menggenjot secara maksimal sebelum pemungutan suara,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam keterangan resminya, Selasa (6/10).

Tito pun mengimbau agar penggunaan surat keterangan (suket) untuk Pilkada diminimalisasi. Kendati begitu, apabila ada pemilih pemula yang baru usia 17 tahun menjelang hari pemungutan suara, penggunaan suket bisa dilakukan.

“Untuk yang lain-lain, rekan-rekan harus proaktif untuk mengajak dan mendorong masyarakat yang belum memiliki e-KTP untuk segera memiliknya,” tegasnya.

Sebelumnya, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI I Dewa Kade Wirarsa Raka Sandi mengharapkan, calon kepala daerah yang dinyatakan positif Covid-19, untuk tidak melakukan tahapan kampanye Pilkada 2020. Menurut Raka, kampanye Pilkada 2020 bisa diwakili oleh tim kampanye.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) mengatur semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaran Pilkada serentak 2020, untuk wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

“Jika ada calon yang positif Covid-19, tentu diharapkan tidak berkampanye, apalagi berkampanye tatap muka langsung,” kata Raka.

Menurutnya, hal ini penting diperhatikan dalam rangka menghindari penyebaran virus Covid-19. Apalagi, tahapan kampanye masih bisa diwakili apabila calon tersebut berhalangan.

KPU akan menggelar Pilkada 2020 di 270 wilayah dengan rincian, 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota pada 9 Desember.

(heq/kdn)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Cakung Tak Banjir, DPRD DKI Apresiasi Kinerja Wali Kota dan Dinas SDA
Ilustrasi Vaksin Covid-19. Foot/Antara

NASIONAL

Anggota DPR Mulai Dapat Vaksinasi Covid di Senayan
Ustadz Maaher At-Thuwailibi. Foto/Ist

NASIONAL

Polisi Tetapkan Ustad Maaher Tersangka Kasus ITE
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

RI Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Kasus positif virus corona di Indonesia. Foto/MI/Andri Widyanto

NASIONAL

Update Corona: Bertambah 2.853, Kasus Positif Jadi 440.569 Orang
Sejumlah peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Indonesia. Foto/Antara

NASIONAL

Pendaftaran UTBK SBMPTN Dibuka Hari Ini
Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

Ubah Struktur Organisasi, KPK Buat 19 Jabatan Baru
Penyerapan gabah/beras petani dilakukan langsung Perum Bulog, di Pandeglang, Banten, Selasa (28/7) dipimpin oleh Dirut Perum Bulog Budi Waseso bersama sejumlah direksi dan didampingi Bupati Pandeglang Irna Narulita, Kapolres AKBP Sofwan Hermanto dan Dandim Letkol Inf. Denny Juwon Pranata.

NASIONAL

Bulog Lakukan Penyerapan Beras Petani