Home / NUSANTARA

Jumat, 5 Februari 2021 - 20:27 WIB

Pemkab Bogor Tak Terapkan Ganjil-Genap Akhir Pekan

Kawasan Puncak Bogor. Foto/Pikiran Rakyat

Kawasan Puncak Bogor. Foto/Pikiran Rakyat

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, memutuskan tidak menerapkan sistem ganjil genap bagi kendaraan bermotor pada akhir pekan di wilayahnya.

“Tidak (menerapkan ganjil genap), kami lebih memilih pengetatan (protokol kesehatan) di level mikro,” kata Bupati Bogor Ade Yasin di Cibinong, Bogor, Kamis (5/2) dikutip dari Antara.

Dia, yang juga menjabat Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor itu, memilih cara membentuk pos komando protokol kesehatan di tingkat desa untuk menekan angka penyebaran Corona di wilayahnya.

Menurutnya, Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat kecamatan hingga desa hingga kini perannya tidak maksimal.

“Sekarang ini yang bergerak itu kan cenderung satgas di kabupaten, saya ingin sekarang dimaksimalkan satgas di kecamatan dan desa, serta mengaktifkan kembali satgas-satgas tingkat RT dan RW,” kata Ade Yasin.

Ia berharap masyarakat patuh dalam menerapkan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak), sehingga pemerintah tidak harus menerapkan karantina wilayah untuk menekan angka penularan Covid-19.

Seperti diketahui, Pemkot Bogor segera menerapkan sistem ganjil genap setiap akhir pekan demi mengurai mobilitas warga di tengah pandemi Covid-19.

“Kami Forkopimda sepakat untuk diberlakukan kebijakan ganjil genap di Kota Bogor untuk hari Jumat, Sabtu, dan Minggu selama 14 hari ke depan,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya di Bogor, Kamis (4/2).

Ia mengatakan, penerapan ganjil genap akan disesuaikan dengan tanggal pada hari tersebut yang harus cocok dengan ganjil atau genapnya plat nomor kendaraan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengakui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali tak efektif. Alhasil, ia mendorong penerapan pembatasan sosial di level mikro hingga tingkat RT/RW.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Sebagian wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) dikepung banjir sejak Kamis (14/1). Ketinggian air bervariasi hingga mencapai satu meter lebih. Jalur transportasi utama yang terputus sudah bisa dilalui. Foto/Antara

NUSANTARA

Banjir Masih Kepung Kalimantan Selatan
Budi Gunadi Sadikin. Foto/BNPB

NASIONAL

Program Vaksinasi Drive-Thru Diluncurkan di Bali
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Ist

NUSANTARA

Anies Baswedan Imbau Warga DKI Disiplin Protokol Kesehatan
Ilustrasi warga saat menerima bantuan uang tunai. Foto/Antara

EKONOMI

Warga Keluhkan Bansos Ayam Hidup di Cianjur
Jembatan Jalur Pantura di Sungai Rembun, perbatasan antara Pekalongan -Pemalang Jawa Tengah, ambles. Foto/iNews TV

NASIONAL

Jalur Nasional Terhambat Akibat Jembatan Pantura Ambles

NASIONAL

Yogyakarta Jadi Provinsi Terbaik Penanganan Covid-19
Bupati Bogor Ade Yasin. Foto/MI

NASIONAL

Bupati Bogor Pastikan Banjir Bandang Tak Telan Korban Jiwa
Destinasi pariwisata Labuan Bajo. Foto/Ist

NUSANTARA

Kemenparekraf Akan Bangun Politekpar di Labuan Bajo