Home / NASIONAL

Sabtu, 5 September 2020 - 18:12 WIB

Pemprov DKI Akan Tingkatkan Tata Ruang Kota

Ilustrasi tata ruang kota Jakarta. Foto/Ist

Ilustrasi tata ruang kota Jakarta. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) DKI Jakarta, asosiasi profesi perencana kota, menandatangani perjanjian MoU kerjasama dengan PT ESRI Indonesia selaku perusahaan analitis spasial dan pemetaan.

“Kerjasama ini ditargetkan untuk meningkatkan kemampuan perencana kota dan kualitas produk perencanaan tata ruang di Jakarta,” ujar Ketua IAP DKI Jakarta Dhani Muttaqin, Jumat (4/9).

Lebih lanjut, Dhani Muttaqin menambahkan saat ini baru 65 produk rencana detail tata ruang (RDTR) yang sudah di-perda-kan, dan masih banyak ribuan RDTR yang akan disusun dalam 3 tahun ke depan.

Tantangan perencanaan pada skala detail menuntut skill pemetaan yang lebih detail.

Kerjasama ini diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut dan memudahkan Pemerintah untuk mengambil kebijakan berbasis data spatial.

Di sisi lain Achmad Istamar selaku CEO dari ESRI Indonesia berharap kerjasama ini akan mendorong penyusunan kebijakan berbasis data spatial scientific.

“Di tengah pandemi Covid-19 kebutuhan penyusunan kebijakan yang tepat dan berbasis data sangat dibutuhkan oleh Pemerintah untuk dapat cepat bangkit dari dampak negatif pandemi Covid-19 dan mewujudkan lingkungan perkotaan yang berkelanjutan,” ucap Achmad.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan DKI Jakarta, Heru Hermawanto mengungkapkan, Pemerintah DKI Jakarta sebagai pengguna sistem informasi geospasial mengungkapkan harapannya terhadap penandatanganan nota kesepahaman ini.

”Pemprov DKI Jakarta berharap kedepan pemanfaatan perangkat sistem informasi geospasial akan mendorong kolaborasi perencanaan antar seluruh aktor pembangunan. Termasuk juga mendorong peran serta masyarakat dalam penataan ruang,” kata Heru.

Terlebih dengan visi Jakarta 4.0, Pemprov DKI selalu berupaya mendorong kolaborasi antar Pemerintah selaku penyedia platform dengan warga sebagai co-creator, sehingga terwujud Jakarta sebagai kota yang maju dengan warganya yang terlibat dalam pembangunan.

Acara penandatanganan menandatangani perjanjian MoU kerjasama antara IAP DKI Jakarta dengan PT. ESRI Indonesia ini juga dilanjutkan dengan Webinar bertemakan Modern GIS dalam Merancang Kota yang Berkelanjutan dengan pemateri Agung Wahyudi (Praktisi GIS dari Entura Australia) dan Soraya Rizki Keumala (PT. Esri Indonesia) yang diikuti oleh 200 peserta. (*)

Share :

Baca Juga

Presiden RI Joko Widodo. BPMI/Setpres

NASIONAL

Jokowi Tinjau Posko Evakuasi Sriwijaya SJ 182 Siang Ini
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

NASIONAL

Orang Kaya Tak Boleh Lebih Dulu Dapat Vaksin Covid-19
Jubir vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi. Foto/Biro Humas Kemenkes

NASIONAL

Kemenkes Kaji Usulan Lockdown Pulau Jawa
Ilustrasi azan. Foto/Ist

NASIONAL

PBNU, Muhammadiyah dan MUI Sepakat Tolak Seruan Azan Jihad
Ilustrasi PSBB Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Jakarta dan Jatim Bebas Zona Merah Covid
Presiden RI Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Daftar Nama Menteri Baru Jokowi yang Dilantik Hari Ini
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah). Foto/ANTARA

NASIONAL

Edhy Prabowo Minta Diizinkan Bertemu Keluarga
Polisi pasang kawat berduri. Foto/Detik

NASIONAL

8.000 Personel TNI-Polri Dikerahkan Antisipasi Demo Mahasiswa