Home / NASIONAL

Senin, 19 Oktober 2020 - 10:59 WIB

Pemprov DKI Dukung Himperra Wujudkan Hunian Layak Bagi Warga

Rumah susun di DKI Jakarta. Foto Ilustrasi/Ist

Rumah susun di DKI Jakarta. Foto Ilustrasi/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) I DPD Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) DKI Jakarta di Hotel Pullman, Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu (17/10).

Dalam kesempatan tersebut, Riza berharap selain dilakukan evaluasi pelaksanaan program kerja organisasi tahun sebelumnya, dalam Musda ini perlu dibahas upaya untuk berkontribusi dalam pembangunan perumahan layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah di DKI Jakarta.

“Himperra sebagai salah satu mitra strategis pemerintah, kiranya semakin berperan aktif dalam seluruh proses pembangunan nasional khususnya pengembangan perumahan dan permukiman dalam rangka terciptanya tujuan nasional, yaitu terwujudnya masyarakat yang aman, tenteram, adil makmur, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” ujar Riza dikutip dari siaran persnya, Senin (19/10).

Menurut Riza, permasalahan kurangnya penyediaan hunian yang layak dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat merupakan akibat dari keterbatasan dan mahalnya harga lahan. Selain itu, kata dia, masih banyaknya kondisi dan kualitas lingkungan permukiman yang kurang sehat dan kurang tertata dengan baik.

“Di Jakarta ini memang tidak ada pilihan selain kita membangun ke atas (vertikal), selain lahannya sedikit, kami berharap para pengembang ke depan selain membangun di lahan kosong harapan kami bisa membangun di daerah yang kumuh dan padat. Ini harus kita pikirkan sama-sama. Kita di Jakarta ini banyak sekali lingkungan yang kumuh, padat, dan tidak sehat,” terangnya.

Untuk itu, Riza mendorong agar hunian layak dan terjangkau tersebut dapat dibangun pada lahan yang menjadi aset Pemprov DKI Jakarta atau tanah negara yang belum dioptimalkan pemanfaatannya.

“Kami minta kepada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) beserta SKPD terkait untuk dipikirkan apakah direlokasi sementara, dibeli atau dikerjasamakan dengan pemilik lahan yang umumnya padat tersebut, untuk kemudian dibangun rusun ke atas agar itu lebih sehat. Supaya juga menambah ruang terbuka hijau, dan fasos/fasumnya bertambah,” tandasnya.

(pem/dki)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2020 sebagaimana diunggah pada kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 22 Oktober 2020. Foto: BPMI Setpres/Lukas

NASIONAL

Presiden Jokowi Minta Anak Muda Tak Gengsi Jadi Petani
Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo. Foto/Ist

NASIONAL

Pembatasan Transportasi Publik Saat PSBB Tahap Kedua
Ilustrasi gempa bumi. Foto/Ist

NASIONAL

BMKG: Potensi Gempa dan Tsunami 18 Meter di Banyuwangi
ANTARA FOTO/Lucky R.

NASIONAL

Polri Tetap Gelar Operasi Yustisi di Kawasan Pariwisata
Rizieq Shihab. Foto/MI/Ramdani

NASIONAL

Ancaman Enam Tahun Penjara Rizieq Shihab
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Foto/ANTARA

NASIONAL

Bripka CS Tembak Anggota TNI dalam Kondisi Mabuk
Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin saat simulasi vaksinasi COVID-19 di RS Islam, Jemursari, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/12). Foto/ANTARA

NASIONAL

Program Vaksinasi Drive Thru Sepeda Motor Disiapkan
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Foto/Antara

NASIONAL

Soal Isu Pembubaran FPI, Muhammadiyah: Tanggung Jawab Negara