Home / UMKM

Rabu, 16 September 2020 - 11:59 WIB

Pemprov DKI Permudah Penyaluran Kredit dan Perizinan Bagi UMKM

UMKM di DKI Jakarta. Foto/Ist

UMKM di DKI Jakarta. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemprov DKI Jakarta berupaya memberikan kemudahan dalam penyaluran kredit serta perizinan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Upaya ini dilakukan untuk memulihkan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

“Diharapkan ini dapat memberikan manfaat kepada pelaku UMKM sebagai tambahan modal kerja maupun investasi,” kata Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Hartati dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/9).

Sri Hartati mengatakan, ada tiga upaya agar sektor UMKM bisa pulih kembali. Menurut dia, dimulai dari kredit pemula hingga penyaluran dana percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) oleh Bank DKI.

Selain itu, Pemprov DKI juga telah melakukan relaksasi perizinan usaha mikro dan kecil (UMK). Hingga 8 September lalu, ada 50.902 izin UMK yang telah diterbitkan dengan omset mencapai Rp399 miliar.

“Kami (Pemrpov DKI) juga membidani pembentukan koperasi di 10 kecamatan di Jakarta,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI Babay Farid Wazdi menyatakan, pihaknya berkomitmen untuk membantu pembangunan ekonomi di Jakarta melalui program percepatan PEN kepada UMKM yang terdampak Covid-19.

“Kami ucapkan selamat dan sukses kegiatan penyerahan IUMK (Izin Usaha Mikro dan Kecil), akte pendirian koperasi dan penandatanganan akad kredit usaha,” tandasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta juga menghadirkan program kolaborasi sosial berskala besar (KSBB) bidang UMKM. Wujudnya, DKI merelaksasi penerbitan izin usaha mikro kecil (IUMK), akad kredit usaha dan penyerahan akte pendirian koperasi pada 21 kampung prioritas yang tersebar di 10 kecamatan di Provinsi DKI Jakarta. (heq/tir/dki)

Share :

Baca Juga

Dua mitra UMKM Pusatnusa telah menerima notifikasi pesan dari pihak Bank BRI terkait bantuan presiden (banpres) produktif atau BLT senilai Rp2,4 juta.. Foto/Beritanusa

UMKM

Tambah Dua Lagi, Total Empat Mitra UMKM Pusatnusa Dapatkan Banpres
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat bersama Menteri Sosial Juliari P Batubara mengunjungi perajin Comring (Comro Singkong Kering) merek Raja Rasa di Desa Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (24/11). Foto/Kemenkop UKM

NASIONAL

Menkop Sebut Penerima Bansos Naik Kelas Jadi Usaha Mikro
Aplikasi Bank BRI. Foto/Ist

EKONOMI

Cara Cek Penerima BLT UMKM Rp2,4 Juta Via eform.bri.co.id
Kementerian Koperasi dan UKM mengembangkan konsep voluntary desk dan mengajak para ahli menjadi mentor untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Foto/dok Kemenkop UKM

UMKM

Kemenkop UKM Dorong Digitalisasi UMKM Lewat Relawan Mentor
Ilustrasi UMKM. Foto/Ist

NASIONAL

KPK: Penyaluran Banpres UMKM Harus Tepat Sasaran
Perajin menyelesaikan pembuatan kain batik di Desa Karangmalang, Gebog, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (25/8). Foto/Antara

UMKM

Pemerintah Siapkan Roadmap UMKM Naik Kelas
Menkop UKM Teten Masduki. Ist

EKONOMI

Rencana Perpanjangan BLT UMKM Rp2,4 Juta
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Ist

NASIONAL

Nadiem Makarim Luncurkan Sentral Pasar Digital Batik