Home / NASIONAL

Kamis, 28 Januari 2021 - 20:34 WIB

Pemprov DKI Siapkan 17 Hotel untuk Penanganan Corona

Kesiapan rumah sakit tangani pasien Covid. Foto/Antara

Kesiapan rumah sakit tangani pasien Covid. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebut hingga kini terdapat 17 hotel di DKI Jakarta untuk keperluan penanganan pandemi virus corona (SARS-CoV-2) di Ibu Kota.

Sebagian hotel dijadikan tempat akomodasi para tenaga kesehatan dan beberapa di antaranya untuk ruang isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala. Kata dia, hotel-hotel ini disediakan pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Kementerian Kesehatan.

“Sejak 2020 ada 17 hotel yang digunakan, 12 Hotel sebagai tempat akomodasi para tenaga kesehatan yang memang belum diperkenankan pulang ke rumah. Kemudian 5 hotel menjadi tempat isolasi mandiri bagi OTG (orang tanpa gejala) ,” terang Riza dalam keterangan tertulis, Rabu (27/1) malam.

Lebih lanjut, Riza berharap pemerintah pusat dapat menambah hotel sehingga kapasitas tempat isolasi mandiri pun meningkat. Mengingat, laju penyebaran virus corona yang belum terkendali.

“Karena ada peningkatan penyebaran Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya. Pak Gubernur juga sudah berkomunikasi dengan pemerintah pusat, agar bisa membantu meningkatkan fasilitas (isolasi terkendali),” ucap dia.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Parekraf Sandiaga Uno menegaskan pemerintah pusat bakal berupaya meningkatkan kolaborasi dan memberikan dukungan dengan menambah tempat penginapan atau hotel untuk tempat isolasi terkendali.

Pada 2021 ini, kata Sandiaga, untuk sementara pembiayaan penanganan dikelola oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Namun ke depan, pembiayaan akan ditanggung kembali oleh Kemenpekraf dan Kemenkes. Kami menunggu data dari PHRI, Pak Wagub (Pemprov DKI), dan dari Kemenkes, berapa yang diproyeksikan. Agar kami di Kemenprakraf mulai menghitung dan kami akan pastikan dapat memberikan dukungan akomodasi untuk nakes dan isolasi mandiri,” jelas Sandiaga.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi Kota Bandung, Jawa Barat. Foto/Ist

NASIONAL

Jawa Barat Diwacanakan Ganti Nama Jadi Provinsi Sunda
Ilustrasi; Bintang Kejora. Foto/Antara

NASIONAL

Klaim Benny Wenda Deklarasi Papua Merdeka, OPM: Kami Tolak
Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pembicara dalam APEC CEO Dialogues 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 19 November 2020. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi Akan Kenalkan Calon Menteri Jelang Reshuffle
Gedung DPRD DKI Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Perubahan APBD DKI 2020 Disahkan Rp63,23 T
Massa FPI berkumpul di markas mereka di Petamburan untuk menyambut kedatangan Rizieq Shihab. Foto/AFP

NASIONAL

Tiga Tersangka Kasus Kerumunan Petamburan Belum Ditahan
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto/DPR RI

NASIONAL

Soal RUU Ciptaker, DPR Akan Utamakan Kepentingan Nasional
Kapolri Idham Aziz. Foto/Ist

NASIONAL

Polri Tak Keluarkan Izin Keramaian Pilkada Serentak 2020
Vaksin covid-19 produksi Sinovac. Foto/AFP

NASIONAL

Bio Farma Targetkan Produksi 250 Juta Dosis Vaksin Setahun