Home / NASIONAL

Senin, 28 September 2020 - 10:59 WIB

Pemprov DKI Siapkan Lahan Baru untuk Jenazah Covid-19

Lahan pemakaman. Foto/Kompas

Lahan pemakaman. Foto/Kompas

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan lahan untuk jenazah Covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara. Lahan seluas dua hektar tersebut diperkirakan bisa membuat 6.000 petak makam.

“Luas lahan yang dimatangkan 20.000 meter persegi atau dua hektar. Saat ini sedang dilakukan pematangan untuk akses jalan masuk seluas 210 meter persegi,” kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho dalam siaran persnya, Senin (28/9).

“Sekarang baru mencapai empat persen. Lagi proses fill atau pengurukkan dan pembuatan akses jalan masuk menuju lahan pemakaman,” lanjutnya.

Hari menjelaskan, pengerjaan pematangan lahan TPU Rorotan mengerahkan alat berat seperti, tiga unit ekskavator, dua unit dozer, satu unit mesin giling, dan 10 unit dump truck.

Alat berat tersebut melakukan proses cut and fill yaitu menjadikan permukaan tanah lebih rata sehingga memudahkan proses penggalian untuk penguburan jenazah. Pekerjaan pematangan lahan sendiri sudah dimulai sejak 17 September lalu dan ditargetkan rampung Desember 2020 mendatang.

“Dengan luas lahan dua hektar ini diperkirakan bisa 6.000 petak makam. Rencana pematangan lahan di TPU Rorotan sampai dengan Desember 2020,” tandas Hari.

Angka kasus kematian Covid-19 di DKI Jakarta terbilang masih tinggi. Mengutip dari corona.jakarta.go.id, jumlah korban Covid-19 yang meninggal sudah mencapai 1.692 kasus dengan tingkat kematian 2,4 persen.

(heq/dki)

Share :

Baca Juga

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Calon Kapolri Jamin Penegakan Hukum Berlaku Adil
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

Anies Perpanjang Masa PSBB Jakarta Dua Pekan
Ilustrasi benih lobster. Foto/Antara

NASIONAL

Polri Siapkan Satgas Ekspor Benih Lobster
Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin. Foto/Ayo Bogor

NASIONAL

Bupati Bogor Positif Corona
Petugas berpatroli untuk memantau penerapan protokol kesehatan oleh penumpang dalam rangkaian KRL, di Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

KAI Kembalikan Biaya Tiket Jika Penumpang Tak Lolos GeNose
ilustrasi -- Riset menyebut kebijakan work from home akibat pandemi covid-19 menambah beban ganda pada perempuan. Foto/MI

NASIONAL

Kantor Diminta Kurangi Jam Kerja Karyawan di Zona Merah
Wisma Atlet Kemayoran. Foto/Berita Satu

NASIONAL

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid di Wisma Atlet 75 Persen
Ilustrasi hiburan malam. Ist

NASIONAL

Hiburan Malam, Hotel dan Pernikahan Jadi Klaster Baru Covid-19 di Jakarta