Home / NASIONAL

Senin, 8 Maret 2021 - 08:29 WIB

Pemprov DKI Siapkan Rp5 Triliun untuk Normalisasi Sungai

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kiri). Foto/Antara

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kiri). Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyampaikan Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan anggaran senilai Rp5 triliun untuk normalisasi sungai selama lima tahun ke depan. Anggaran itu untuk pembebasan lahan.

“2019, 2020 tugas Pemprov terkait normalisasi melakukan pembebasan lahan. Dalam 5 tahun ke depan, kita menganggarkan tidak kurang dari Rp5 triliun untuk pembebasan lahan,” jelas Riza kepada wartawan di Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (7/3).

Dalam proses normalisasi sungai ini, kata Riza, pihaknya juga akan menggandeng Kementerian PUPR untuk anggaran pemasangan turap atau sheet pile. Dia berharap semua pembangunan turap-turap bisa terlaksana tahun ini.

“Tugas menteri PUPR, kementerian, dukungan Pak Basuki dan lain-lain, membuat tanggul-tanggul sheet pile. Mudah-mudahan tahun ini mulai dibangun kembali,” ujarnya.

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Ariza ini mengungkapkan kendala pembebasan lahan dalam proses normalisasi sungai ini. Pemprov DKI Jakarta juga sempat terhambat masalah sengketa tanah.

“Membebaskan lahan tuh banyak masalahnya, satu banyak yang bersengketa, masih di pengadilan. Ada yang menggugat dan sebagainya, ada yang intervensi, ke pengadilan terjadi gugat-menggugat,” tutur Ariza, Jumat (5/3) lalu.

Selain itu, politikus Gerindra ini memandang pembebasan lahan di Ibu Kota memakan biaya besar dibanding wilayah lainnya. Sementara Pemprov DKI memiliki keterbatasan anggaran.

“Pembebasan lahan tidak murah. Kami anggarkan sampai 2024 nggak kurang Rp5 triliun untuk pembebasan lahan saja. Untuk normalisasi, belum yang lain-lain,” tukasnya.

(pmj)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi virus corona. Foto/Ist

NASIONAL

Update Corona 7 Desember: Tambah 5.754, Positif Jadi 581.550
Foto: BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi Serahkan Bantuan Modal Kerja untuk UMKM
Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma'arif. Foto/MI

NASIONAL

Ketum PA 212: Saya Cuma Jadi Peserta di Aksi 1812
Politisi PAN Eggi Sudjana. Foto/MI

NASIONAL

Polisi Bakal Periksa Eggy Sudjana Terkait Dugaan Makar
Ilustrasi tes CPNS. Foto/Antara

NASIONAL

Pendaftaran CPNS 2021 Non-Administrasi Dibuka April-Mei
Mahasiswa mengikuti kuliah secara daring selama pandemi Covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

Cara Dapatkan Bantuan KIP Rp200 Ribu untuk Mahasiswa
Dengan metode PCR swab, petugas mengambil sampel lendir dari dalam hidung seorang warga di Jepang, untuk mendeteksi virus korona. Foto/AFP

NASIONAL

Proyek Pengadaan PCR, Oknum Dinkes Sultra Disuap Rp432 Juta
Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara saat menyerahkan diri ke KPK. Foto/Tangkapan layar

NASIONAL

KPK Perika 5 Saksi Terkait Korupsi Bansos Covid