Home / UMKM

Kamis, 4 Februari 2021 - 16:03 WIB

Pencairan BLT UMKM Diperpanjang hingga 18 Februari

Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Bank Rakyat Indonesia (BRI) memperpanjang pencairan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) hingga maksimal pada 18 Februari 2021.

Hal tersebut dilakukan sesuai dengan instruksi daru Kementerian Koperasi dan UKM RI tentang perpanjangan waktu untuk pencairan.

Para Pelaku UMKM sebelumnya bisa mencairkan Bantuan produktif hingga akhir Januari 2021 tapi kini diperpanjang hingga 18 Februari 2021.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan masyarakat diharapkan dengan perpanjangan masa penyaluran BPUM bisa mengambil haknya di Kantor BRI terdekat dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan.

“Penerima BPUM sebelumnya bisa mengecek terlebih dulu status bantuan yang diterima melalui laman https://eform.bri.co.id/bpum,” kata Aestika melalui keterangan resminya, seperti dikutip Portal Sulut dari Info Bank, di Jakarta, Minggu 31 Januari 2021.

Jika masyarakat penerima BPUM telah cek status penerimaan maka bisa segera menghubungi Kantor BRI terdekat untuk memastikan waktu jadwal pencairan untuk mengambil bantuan dengan membawa indentitas diri.

Pihak BRI memastikan penyaluran BPUM dilakukan sesuai dengan data yang diperoleh dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Masyarakat juga diimbau agar selalu berhati-hati dan tidak sembarangan memberi data pribadinya pada berbagai tautan (link) atau formulir pendataan yang tidak jelas sumbernya.

Kehati-hatian harus dimiliki agar data pribadi masyarakat tetap terjaga dan tidak disalahgunakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Segala informasi terkait pencairan BPUM dapat diakses oleh masyarakat melalui pengecekan satu pintu yakni melalui e- form BRI (https://eform.bri.co.id/bpum).

Setiap penyaluran BPUM yang dilakukan perusahaan dijamin gratis atau tanpa biaya apapun. Pemberian BPUM juga dilakukan langsungterhadap masyarakat yang berhak tanpa melalui perantara, dan dilakukan satu kali kepada setiap penerima bantuan.

BRI sebagai penyalur BPUM, menghimbau agar para penerima bantuan menghindari jasa perantara pengurusan, karena hal tersebut berisiko dilakukan penyalahgunaan berbagai informasi atau data pribadi masyarakat.

Share :

Baca Juga

Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

4 Program BLT Pemerintah Mengalir Hingga 2021
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki> Foto/Kemenkop UKM

UMKM

Mahasiswa Diajak Kembangkan Bisnis Start Up
Ilustrasi biji kopi robusta. Ist

UMKM

Kabupaten Lombok Barat Siap Ekspor Kopi Robusta ke Kanada
Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menawarkan produk yang dijual saat pameran produk UMKM di Kuta, Bali, beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

NUSANTARA

Pemkot Palangka Raya Fasilitasi Permintaan Belanja UMKM
Ilustrasi UMKM. Foto/Ist

EKONOMI

Pemerintah Siapkan Banyak Stimulus untuk Pelaku UMKM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Magelang Ekspres

EKONOMI

Teten Pastikan Penyaluran BLT UMKM Capai 100 Persen Akhir Bulan Ini
Digitalisasi UMKM. Ist

UMKM

Dorong UMKM Masuk Pasar Digital
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki> Foto/Kemenkop UKM

EKONOMI

Koperasi Bisa Berprinsip Syariah Dalam UU Ciptaker