Home / NASIONAL

Selasa, 6 Oktober 2020 - 16:01 WIB

Pendaftaran Akhir Kuota Gratis Kemendikbud Sebelum 22 Oktober

Ilustrasi belajar online. Foto/Detik

Ilustrasi belajar online. Foto/Detik

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pendaftaran subsidi kuota internet gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk Oktober 2020 kembali dibuka. Siswa, guru, mahasiswa dan dosen dapat mendaftarkan diri sebelum 22 Oktober.

“Biasanya kita ambil mendekati penyaluran (kuota) tahap satu,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kemdikbud Muhammad Hasan Chabibie dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (6/10).

Penyaluran subsidi kuota gratis tahap pertama bulan ini akan dilakukan 22-24 Oktober. Kemudian penyaluran tahap kedua dilakukan 28-30 Oktober.

Hasan menjelaskan peserta yang sudah mendapat kuota pada September tidak perlu mendaftarkan diri lagi. Secara otomatis peserta akan menerima kuota gratis pada bulan ini hingga Desember.

Pendaftaran dilakukan bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen yang belum mendapat kuota, baik karena belum mendaftar atau karena kendala keakuratan data yang diinput dalam Data Pokok Pendidikan dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Terdapat 27,3 juta peserta didik dan pendidik yang mendapat kuota pan bulan September. Hasan mengatakan pekan ini pihaknya bakal mengevaluasi realisasi kuota internet yang sudah tersalurkan bulan lalu.

Mengutip situs vervalponsel.data.kemdikbud.go.id, verifikasi dan validasi nomor HP untuk mendapat kuota gratis untuk tahap pertama ditutup pada 15 Oktober 2020. Pengunduhan dan penggunggahan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dibuka mulai 6 Oktober.

Namun begitu, Hasan memastikan sekolah dan kampus masih bisa menginput verifikasi dan validasi data sampai mendekati jadwal penyaluran kuota tahap pertama.

Sebelumnya sejumlah guru dan mahasiswa mengeluh belum mendapat kuota, padahal sudah mendaftarkan diri. Mendikbud Nadiem Makarim meminta siswa, guru, dosen dan mahasiswa melaporkan diri ke sekolah atau kampus jika belum mendapat kuota.

(cnn/idn)

Share :

Baca Juga

Indonesia menjadi Dewan Keamanan PBB. Ist

GLOBAL

Catatan Positif Presidensi RI di DK PBB
Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Jokowi Minta Pembakar Hutan Ditindak Tegas
KSPN Mandalika Lombok. Foto/Kementerian PUPR

NASIONAL

Demi MotoGP 2021, PUPR Terus Bangun Infrastuktur di Mandalika
Menteri Kesehatan Terawan. Foto/Ist

NASIONAL

Menkes: Pemerintah Pastikan Layanan dan Sistem Kesehatan Tetap Berjalan
Presiden Joko Widodo. Foto/Ist

NASIONAL

Jokowi: Vaksinisasi Covid-19 Harus Dibuat Secara Detail
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah) mengenakan baju tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 25 November 2020. Foto/ANTARA/ Indrianto Eko Suwarso

NASIONAL

KPK Tahan Edhy Prabowo Selama 20 Hari
Komisi Yudisial. Foto/MI

NASIONAL

Mukti Fajar Resmi Jadi Ketua Komisi Yudisial
Ilustrasi rute pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Jakarta-Pontianak yang jatuh di atas Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Ilustrasi/Pixabay

NASIONAL

Polri Pastikan Tak Ada Data Ganda Penumpang SJ 182