Home / NASIONAL / NUSANTARA

Selasa, 8 September 2020 - 10:44 WIB

Pendaftaran Pilkada Banyak Langgar Protokol Kesehatan

Ilustrasi Pilkada 2020. Ist

Ilustrasi Pilkada 2020. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Banyaknya calon kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada 2020 tidak memperhatikan protokol kesehatan ketika melakukan proses pendaftaran ke KPU. Hal itu tentunya ditakutkan akan menjadi klaster baru penularan Covid-19.

“Apakah massa pendukung sudah semuanya dites bebas Covid? Tidak ada jaminan kan? Saya khawatir ini menjadi klaster baru, karena massa berkerumun dan tidak menjaga jarak aman,” kata anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher, Senin (7/9).

Netty mengungkapkan, dari data yang disampaikan KPU, ada 37 orang calon kepala daerah yang positif Covid-19. Oleh karena itu harus ada aturan yang jelas dan tegas dari KPU maupun Bawaslu agar masing-masing paslon menaati protokol kesehatan mulai sekarang hingga masa kampanye dan pencoblosan nanti.

“Aparat di lapangan juga harus tegas menindak jika ada paslon yang tidak menaati protokol kesehatan,” tambahnya.

Legislator Fraksi PKS itu mengakui memang sulit mengatur massa yang ingin menunjukkan dukungan pada paslon. Dia pun mengimbau para calon kepala daerah harus menjadi contoh bagi para pendukungnya.

“Kadang mereka datang tanpa diminta. Oleh karena itu, para paslonlah yang harus menghimbau dan menganjurkan agar massanya memperhatikan keselamatan dengan mematuhi protokol kesehatan,” imbau Netty.

Netty juga mengingatkan agar para cakada memahami bahaya pandemi dan tidak menganggap remeh Covid-19 juga selalu memperhatikan keselamatan massa yang terlibat sebagai tim sukses, pendukung atau pemilih.

“Deklarasi dan kampanye cakada nantinya harus mematuhi protokol kesehatan atau dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan teknologi digital. Sudah seharusnya para calon pemimpin sayang dan peduli kepada masyarakat yang akan dipimpinnya. Jaga agar rakyat tetap sehat,” tandasnya. (heq)

Share :

Baca Juga

Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Foto: Istimewa

NASIONAL

Gugus Tugas Covid-19 Ganti Nama Jadi Satgas
Cuaca di wilayah DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Wilayah DKI Jakarta Diprakirakan Hujan Hari Ini
Demo omnibus law di Jakarta. Foto/Tribunnews

NASIONAL

Jurnalis dan Anggota Pers Mahasiswa Dilaporkan Hilang saat Liput Demo Omnibus Law
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. Ist

NUSANTARA

HUT Ke-75, TNI dan Warga Cilacap Tanam Enam Ribu Pohon
Warga menunjukkan contoh surat suara saat simulasi pemungutan suara pemilihan serentak 2020 di Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Bawaslu Terima Laporan Dugaan Pelanggaran Pilkada 2020 di Tangsel
Operasi pengejaran kelompok bersenjata oleh Satgas Tinombala sendiri telah digelar sejak 10 Januari 2016 lalu yang merupakan kelanjutan dari operasi Camar Maleo sebelumnya. Gabungan pasukan itu berhasil menembak mati Santoso setelah melakukan operasi senyap selama beberapa minggu. Foto/Antara

NASIONAL

Polri Ganti Sandi Operasi Satgas Tinombala Jadi Madago Raya
Tim SAR gabungan menemukan beberapa puing yang diduga berasal dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Polri Terima 62 Laporan Orang Hilang dan 308 Kantong Jenazah
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran saat jumpa Pers di Polda Metro Jaya, Senin (7/12/2020). Foto/Jawa Pos

NASIONAL

Kapolda Metro Minta Maaf Soal Bripka CS Tembak Prajurit TNI