Home / NASIONAL

Selasa, 5 Januari 2021 - 09:35 WIB

Pengawasan Kapal Riset Diperketat Usai Temuan Seaglider

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo  argono (tengah) menjelaskan penemuan alat berupa sea glider saat konferensi pers di Jakarta. Foto/MI

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo argono (tengah) menjelaskan penemuan alat berupa sea glider saat konferensi pers di Jakarta. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memastikan bakal memperketat pengawasan kapal-kapal dari luar yang melintas atau hendak melangsungkan riset di perairan Indonesia.

Langkah itu diungkap Yudo menyusul temuan Drone Bawah Laut yang bentuknya mirip rudal dan kemudian diketahui sebagai alat jenis seaglider.

“Tentunya kami akan lebih ketat lagi mengawasi tentang kapal-kapal riset yang berada di perairan kita,” tutur Yudo saat menyampaikan konferensi pers di Gedung Pushidrosal, Ancol, Jakarta Utara, Senin (4/1).

Yudo beralasan, rencana pengetatan pengawasan terhadap kapal-kapal riset akan ditempuh sebab temuan seaglider di perairan Selayar, Sulawesi Selatan kemungkinan diterjunkan melalui kapal riset.

Meski begitu terbuka kemungkinan pula pengawasan serupa terhadap kapal asing.

“Karena alat ini lebih diluncurkan dari kapal-kapal riset, ya sebetulnya bisa juga diluncurkan oleh kapal asing, tapi cara meluncurkan ini ada prosesnya. Sehingga kapal asing maupun kapal riset asing yang berada di perairan Indonesia akan lebih kita amankan lebih ketat,” jelas Yudo.

Yang pasti, lanjut Yudo, pasukannya bakal meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan di wilayah laut. Khususnya, kawasan perairan yang rawan lalu lintas pihak asing.

“Terkhusus di ZEE kita, awasi atau lebih ketat lagi untuk mengecek kapal asing yang berada di wilayah kita,” sambung dia lagi.

Dalam pernyataan Senin (4/1) siang, Yudo mengakui tak ada aturan khusus terkait peredaran seaglider di wilayah perairan Indonesia.

Indonesia kata dia, memang belum memiliki regulasi mengenai izin bagi negara lain untuk mengoperasikan seaglider atau kendaraan bawah air otonom (drone) di wilayah perairan Nusantara.

“Keberadaan alat ini juga belum diatur di dalam aturan negara kita,” kata Yudo saat menyampaikan konferensi pers di Gedung Pushidorsal, Ancol, Jakarta Utara, Senin (4/1).

(cnn)

Share :

Baca Juga

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang didampingi Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat, Kabid Propam Polda Maluku, Kombes Pol, Muhamad Syaripudin, Danpomdam XVI Pattimura, Kolonel Cpm Paul Jhohanes Pelupessy saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Kantor Polresta Pulau Ambon, Selasa (23/2/2021). Foto/Kompascom

NASIONAL

Hasil Jual Senpi ke KKB Papua Diduga untuk Beli Narkoba
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat uji kelayakan dan kepatutan di ruang Komisi III DPR, Rabu (20/1). Foto/DPR RI

NASIONAL

DPR Gelar Rapat Paripurna Tetapkan Listyo Jadi Kapolri
Petugas berpatroli untuk memantau penerapan protokol kesehatan oleh penumpang dalam rangkaian KRL, di Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Satgas Izinkan Penumpang Kereta Api Tes Covid Pakai GeNose
Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Foto/Liputan6

NASIONAL

Usut Kematian 6 Laskar FPI, Rizieq Minta Jokowi Turun Tangan
Ilustrasi tes usap atau swab test antigen. Foto/Antara

NASIONAL

Update Corona 19 Februari: Tambah 10.614, Positif 1.263.299
Vaksinator melakukan penyuntikan kepada peserta vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di RSPP. Foto/Antara

NASIONAL

Wapres RI Targetkan 1 Juta Warga Suntik Vaksin Per Hari
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

NASIONAL

Deretan Kasus Besar yang Diungkap Calon Kapolri Listyo Sigit
Sejumlah puing dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Foto/Antara

NASIONAL

Rampungkan Investigasi SJ 182 Butuh Waktu Setahun