Home / NASIONAL

Rabu, 17 Februari 2021 - 11:46 WIB

Pengelola Panjtoran PIK Jadi Tersangka Kerumunan Imlek

Ilustrasi--Imlek. Foto/Antara

Ilustrasi--Imlek. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Polisi menetapkan satu orang sebagai tersangka kasus kerumunan massa di acara perayaan Imlek 2021 di Pantjoran Pantai Indah Kapuk, Golf Island Pantai Maju, Jakarta Utara.

Kapolres Jakarta Utara, Kombes Guruh Arif Darmawan mengatakan penetapan tersangka dilakukan usai penyidik melakukan sejumlah pemeriksaan terhadap belasan saksi selama proses penyelidikan dan penyidikan.

“Setelah memeriksa 11 saksi, sudah menetapkan 1 tersangka,” kata Guruh, Rabu (17/2).

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Dwi Prasetyo menuturkan bahwa pihak yang dijerat tersangka itu merupakan pengelola wilayah Pantjoran PIK. Hanya saja, dia belum menuturkan lebih lanjut identitas ataupun atribusi dari tersangka di lingkungan tersebut.

Dwi mengatakan, tersangka dijerat lantaran memicu kerumunan di wilayah tersebut dalam kegiatan perayaan Imlek, 14 Februari lalu. Hanya saja, acara itu digelar secara spontan tanpa undangan.

“Jadi gak ada panitia itu. (Acara itu) spontan,” kata Dwi menerangkan.

Saat ini, kata dia, penyidik belum akan melakukan pengembangan terhadap kasus itu dan berfokus pada pemeriksaan satu tersangka tersebut.

Dalam perkara ini, dia dijerat melanggar Pasal 93 Undang-undang nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan. Adapun ancaman hukuman terhadap tersangka mencapai 1 tahun penjara.

Sebelum kasus ini mencuat di ranah hukum pidana, petugas juga sempat menyegel panggung barongsai di Pantjoran PIK setelah memicu kerumunan massa saat pertunjukan barongsai dalam rangka perayaan Imlek 2021.

Penyegelan itu dilakukan pada Senin (15/2) hingga sementara waktu atau hingga 22 Februari mendatang.

Itu dilakukan pada Senin (15/2) hingga sementara waktu atau hingga 22 Februari mendatang.

“Yang disegel sementara hanya panggung kegiatan Barongsainya saja. Itu yang menimbulkan kerumunan. Untuk tempat makannya tidak (disegel) dan beroperasi seperti biasa,” tutur Kepala Seksi Penyidikan Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan Penindakan Satpol PP Jakarta Utara, Purnama H.P.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi--Pemprov DKI Jakarta belum memutuskan aturan baru pasca pembatalan peraturan Gubernur Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Sepeda Motor. Foto/MI

NASIONAL

PSBB Transisi Diperpanjang, Ganjil Genap Belum Berlaku
Upacara kemerdekaan RI. Foto/Ist

NASIONAL

HUT ke-75 RI Akan Diselenggarakan Secara Daring atau Online
Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan dan fasilitas produksi milik BUMN produsen vaksin dan antisera Bio Farma dalam kunjungan kerja ke Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (11/8). Foto: BPMI Setpres/Lukas

NASIONAL

Presiden Jokowi Optimistis Vaksin Covid-19 Segera Ditemukan
Logo BUMN. Foto/Antara

EKONOMI

Menkeu Jangan Sembarang Beri Modal untuk BUMN
Ketua Umum PBNU Said Aqil. Ist

NASIONAL

PBNU: Vaksin Covid Boleh Dipakai Meski Tak Halal
Jaringan Irigasi Food Estate Kalteng. Dok/PUPR

NASIONAL

PUPR Kembangkan Jaringan Irigasi Food Estate Kalteng
Ilustrasi: Istimewa

NASIONAL

Dana Otsus Belum Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Daerah
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Update Kasus Corona 18 September: 236.519 Positif, 170.774 Sembuh