Home / NASIONAL

Senin, 28 Desember 2020 - 17:25 WIB

Pengguna Transportasi Publik Berisiko Tinggi Terpapar Covid

Ilustrasi--Penumpang kereta api Cirebon menurun. Foto/Antara

Ilustrasi--Penumpang kereta api Cirebon menurun. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat untuk tetap tinggal di rumah dan hanya melakukan perjalanan untuk keperluan mendesak. Termasuk, saat libur Tahun Baru.

“Saya mengimbau masyarakat, jika perjalanan tidak mendesak diharapkan tidak melakukannya,” ujar Wiku di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/12).

Wiku mengungkapkan, ada kelompok yang memiliki risiko tertinggi terpapar Covid-19. Mereka adalah masyarakat yang memilih mobilitas penerbangan dengan transit, kapal atau perahu, dan yang berinteraksi dengan orang dari beragam sumber di ruangan tertutup dengan ventilasi buruk dan kepatuhan menjalankan protokol kesehatan yang rendah.

Selain itu, ada juga dua kelompok lain berdasarkan risiko jenis mobilitas dan kegiatan. Yang pertama, kondisi lebih tinggi berisiko, yaitu mereka yang bermobilitas dengan kendaraan pribadi bersama bukan anggota keluarga, dengan kereta atau bus jarak jauh; juga berinteraksi dengan orang yang bukan keluarga inti di ruang tertutup dengan sebagian besar mematuhi 3M.

Yang terakhir, mobilitas dengan risiko terendah, yakni beraktivitas di rumah dan hanya berinteraksi dengan keluarga inti. Selain itu, melakukan perjalanan singkat dengan kendaraan pribadi bersama keluarga, tanpa pemberhentian selama perjalanan.

Untuk itu, Wiku meminta masyarakat bijaksana mempertimbangkan kepentingan pergi dan dengan sadar meminimalisasi mobilitas. Ia menyinggung studi Yilmazkuday pada 2020 yang menunjukkan bahwa dengan pengurangan kunjungan ke area publik sebesar 1 persen, sudah mengurangi puluhan kasus dan kematian akibat Covid-19 per minggu.

“Temuan ini harusnya dapat memotivasi kita semua untuk mengambil pilihan bijak yaitu tinggal di rumah dan menghindari keramaian,” ujarnya.

Sementara, untuk keperluan mendesak yang tak dapat ditunda, Wiku mengimbau masyarakat senantiasa berdisiplin menerapkan protokol kesehatan, mencakup pemakaian masker, mencuci tangan memakai sabun, serta jaga jarak menghindari kerumunan.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Petugas DVI Polri membawa kantong jenazah yang diduga berisi potongan tubuh korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta- Pontianak. Foto/Antara

NASIONAL

Basarnas Terima 45 Kantong Jenazah Korban SJ 182
Anggota Komisi IV DPR RI Slamet Ariyadi. Foto/Ist

NASIONAL

Masyarakat Harus Cintai Produk Dalam Negeri
Presiden Joko Widodo memmimpin upacara. Foto/Setkab

NASIONAL

Inilah Rangkaian Acara Peringatan HUT ke-75 RI
Presiden Joko Widodo. Foto/Ist

NASIONAL

Jokowi: Tindak Tegas Pelaku Korupsi Tanpa Pandang Bulu
Ilustrasi airsoft gun. Foto/Istimewa

NASIONAL

Seorang Pria di Cengkareng Todong Satpam Pakai Airsoft Gun
Ilustrasi Garis Polisi. Foto/MI

NASIONAL

Anggota TNI Dikabarkan Jadi Korban Tewas di Kafe Cengkareng
Pimpinan FPI Rizieq Shihab (tengah). Foto/AFP

NASIONAL

Bareskrim Limpahkan Berkas Kasus Rizieq Soal Kerumunan
Kepadatan arus lalu lintas terjadi pada sejumlah ruas jalan menjelang sore hari di Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto. Foto: Media Indonesia/Pius Erlangga

NASIONAL

Aman dan Tertib, Polri Sukses Kawal Mudik dan Arus Balik Libur Panjang