Home / EKONOMI

Jumat, 22 Januari 2021 - 14:32 WIB

Penggunaan Listrik yang Dapat Stimulus Akan Dibatasi

Ilustrasi token listrik gratis PLN. Foto/Ist

Ilustrasi token listrik gratis PLN. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah membatasi penggunaan listrik pelanggan subsidi 450 VA dan 900 VA yang mendapat stimulus diskon tarif 100 persen alias gratis dan 50 persen pada Januari hingga Maret 2021.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Hendra Iswahyudi mengatakan pembatasan dilakukan agar pemberian stimulus listrik lebih tepat sasaran.

“Ada beberapa review dari BPK dan KPK supaya tidak terjadi kelainan (pemakaian) di lapangan. Jadi, disesuaikan dengan batasan maksimal jam nyala,” ucapnya dalam webinar Perpanjangan Stimulus Keringanan Tagihan Listrik, Jumat (22/1).

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril menjelaskan bahwa pelanggan pasca bayar golongan 450VA hanya berhak atas listrik gratis untuk pemakaian 720 jam nyala atau setara 324 kWh.

Jika pemakaian melebihi batas tersebut,maka akan dikenakan tarif normal, yakni tarif 450VA yang disubsidi.

“Karena kalau lebih daripada itu seharusnya memang bukan haknya lagi untuk mendapatkan listrik gratis. Sehingga pemakaian diskon tarif setara 720 jam nyala, yaitu sebesar 324 kWh, ini yang diberikan diskon 100 persen,” terang Bob.

Sementara, bagi pelanggan pasca bayar golongan 900VA bersubsidi, listrik gratis diberikan untuk pemakaian 720 jam nyala atau setara 648 kWh. Di atas itu akan dikenakan tarif normal yang disubsidi.

Selanjutnya, untuk pelanggan pra bayar golongan 450VA, ada sedikit perubahan di mana token gratis diberikan sebesar stimulus tahun lalu. Yaitu,token listrik gratis diberikan sebesar pemakaian tertinggi pada Desember 2019-Februari 2020.

Sedangkan untuk pelanggan pra bayar golongan 900VA bersubsidi, diskon tarif 50 persen diberikan ketika pelanggan melakukan transaksi pembelian token.

Hal ini sedikit berbeda dengan tahun lalu di mana diskon tarif 50 persen diberikan berdasarkan konsumsi tertinggi Desember 2019-Februari 2020 dalam bentuk token gratis.

“Jadi, mereka harus beli token dulu baru kemudian tokennya itu akan diberikan diskon 50 persen,” pungkasnya.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi uang digital Bitcoin. Foto/Tirto

EKONOMI

Resmi! Indonesia Punya Bursa Uang Digital Legal
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/Antara

EKONOMI

Erick Thohir Copot Dua Direksi PT KAI
Ilustrasi subsidi gaji. Foto/Ist

EKONOMI

BLT UMKM Tahap II Dibuka, Begini Syarat Daftarnya
Wilayah Blok Rokan Chevron. Foto/Ist

EKONOMI

SKK Migas dan Chevron Sepakati Perjanjian Produksi Minyak di Blok Rokan
Pemerintah akan memberikan biaya ganti rugi atau kompensasi bagi penerima vaksin corona atau covid-19 yang mengalami efek samping atau kejadian ikutan pasca-vaksinasi, cacat ataupun meninggal dunia. Foto/Antara

EKONOMI

Kompensasi Efek Samping Vaksin Corona Bukan Tunai
Ilustrasi SPBU mobil listrik. Foto/Liputan6.com

EKONOMI

Pemerintah Bakal Bangun 2.400 SPBU Mobil Listrik hingga 2025
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Jokowi Tegaskan Lockdown Skala Mikro Tak Merusak Ekonomi
Konsumen Indonesia. Foto/Ist

EKONOMI

BI: Keyakinan Konsumen Terus Membaik