Home / EKONOMI

Senin, 28 Desember 2020 - 11:32 WIB

Penukaran Uang Rupiah yang Tak Laku Terakhir Hari Ini

Kantor Bank Indonesia. Foto/Ist

Kantor Bank Indonesia. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Enam pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 1968, 1975, 1977, sudah tidak berlaku lagi dan ditarik dari peredaran. Masyarakat yang masih menyimpan uang tersebut masih bisa menukar hingga batas waktu terakhir, yaitu hari ini, 28 Desember 2020.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengatakan enam pecahan uang kertas tersebut, antara lain Rp100 tahun emisi 1968 (gambar muka Jenderal Besar TNI (Anumerta) Raden Soedirman).

Kemudian, Rp500 tahun emisi 1968 (gambar muka Jenderal Besar TNI (Anumerta) Raden Soedirman), dan pecahan Rp1.000 tahun emisi 1975 (gambar muka Pangeran Diponegoro).

Lalu, uang kertas Rp5.000 tahun emisi 1975 (gambar muka nelayan), Rp100 tahun emisi 1977 (gambar muka badak bercula satu), dan Rp500 tahun emisi 1977 (gambar muka Rachmi Hatta dengan Anggrek Vanda).

Erwin menyatakan pencabutan dan penarikan enam pecahan uang kertas tertuang dalam Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia No.20/54/KEP/DIR tanggal 4 Maret 1988. Ia bilang masyarakat dapat menukarkan uang pecahan tersebut hingga 28 Desember 2020.

“Penukaran uang rupiah yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran tersebut dibuka setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-11.30 WIB,” ungkap Erwin dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (17/12).

Namun, penukaran tak bisa dilakukan pada 24 Desember dan 25 Desember 2020 karena libur Natal. Erwin menyebut penukaran hanya bisa dilakukan sesuai jadwal operasional BI.

“Informasi selengkapnya mengenai daftar uang yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran dapat dilihat pada https://www.bi.go.id/id/sistem-pembayaran/instrumen/uang-yang-dicabut,” jelas Erwin.

Ia menambahkan bahwa bank sentral rutin mencabut dan menarik uang rupiah dari peredaran.

Hal ini dilakukan dengan beberapa pertimbangan, seperti masa edar uang dan ada uang emisi baru dengan perkembangan teknologi unsur pengamanan pada uang kertas.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Tol layang Jakarta-Cikampek yang akan segera beroperasi. Foto/Antara

EKONOMI

Tarif Tol Jakarta-Cikampek Naik Lagi Bulan Ini
Wakil Ketua Komisi IX DPR Melkiades Laka Lena. Foto/DPR RI

EKONOMI

Upah Minimum 2021 Tak Naik, Pekerja Harus Dapat Bansos
Menkop UKM Teten Masduki. Foto/Kemenkop UKM

EKONOMI

BLT UMKM Rp2,4 Juta Sudah Tersalurkan 50 Persen
Presiden Joko Widodo membuka Inovasi Indonesia Expo 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 10 November 2020. Foto/BPMI

EKONOMI

Presiden Jokowi Paparkan 4 Fokus APBN 2021
Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) melakukan penelitian dalam rangkaian rangkaian pra feasibility study atau studi kelayakan (pra FS) pemanfaatan arus laut dalam pembangkit listrik tenaga arus laut, di Selat Pantar, Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto/Ist

EKONOMI

NTT Berpotensi Jadi Tempat Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto/ANTARA FOTO/Nona Wahyudi

EKONOMI

Menaker: Ada 3 Sasaran Utama UU Cipta Kerja
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. Foto/BPMI

EKONOMI

Jokowi Ajak Cintai Produk Lokal, Mendag: Nilai Tambah
Warga mengamati layar yang menampilkan infornasi pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (12/3). Foto/Antara

EKONOMI

RI Akan Umumkan Resesi Hari Ini