Home / EKONOMI / UMKM

Rabu, 6 Januari 2021 - 19:34 WIB

Penyaluran BLT UMKM Via BRI Tutup Akhir Januari

Ilustrasi--UMKM. Foto/Antara

Ilustrasi--UMKM. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyatakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) berupa Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan terus dilakukan hingga 31 Januari 2021 mendatang.

Hal tersebut sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM dalam menyalurkan bantuan sebesar Rp2,4 juta tersebut.

Direktur Mikro BRI Supari mengungkapkan sejak Agustus 2020, bantuan yang merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini telah disalurkan perusahaan kepada 7,8 juta penerima. Data per Desember 2020 menunjukkan dana tersalur sebesar Rp18,7 triliun.

Supari menyebut, sebagai salah satu penyalur BPUM, perusahaan akan tetap mengedepankan penggunaan teknologi dalam proses penyaluran di tengah pandemi covid-19.

“BRI merupakan bank yang ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan BPUM kepada pelaku usaha mikro. Untuk mengantisipasi banyaknya jumlah masyarakat yang datang ke Kantor BRI kami menyediakan sistem yang bisa diakses secara real time oleh masyarakat,” ujar Supari, dikutip rilis Rabu (6/1).

Sebelum datang ke kantor BRI, pelaku usaha mikro dapat memastikan terlebih dahulu status terdaftar melalui laman https://eform.bri.co.id/bpum.

Masyarakat diimbau mengakses terlebih dahulu laman tersebut sebelum mendatangi kantor BRI guna mencegah terjadinya penumpukan atau antrian penerima BPUM.

Apabila masyarakat tersebut merupakan penerima BPUM, maka dapat segera menghubungi Kantor Cabang BRI terdekat untuk mengecek waktu atau jadwal pencairan.

Pencairan BPUM dilakukan secara bertahap sesuai tanggal yang ditentukan BRI sesuai kapasitas kantor demi menghindari terjadinya kerumunan. Penerima BPUM bisa datang mengambil haknya dengan membawa identitas diri.

Lebih lanjut, Supari menegaskan penyaluran BPUM dilakukan sesuai dengan data penerima yang diperoleh dari Kementerian Koperasi dan UKM.

(cnn)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi BLT UMKM Rp2,4 juta. Foto/Ist

NASIONAL

Belum Dapat BLT UMKM? Minta Rekomendasi ke 4 Pengusul Ini
KPK menilai kisruh bansos terjadi karena kurangnya koordinasi dan lalainya pemda. Foto/Antara

EKONOMI

Pemerintah Akui Terkendala Data saat Bagi-bagi Bansos
Foto/Kemenperin

EKONOMI

Kemenperin Siapkan Insentif Fiskal Bagi Industri Hijau
Harga daging sapi di pasar tradisional Klaten, Jawa Tengah tembus Rp140.000 per kg pada H-2 Lebaran. Foto/Antara

EKONOMI

Pedagang Daging Sapi Kembali Jualan
Pemberian insentif kepada peserta pelatihan Kartu Prakerja tetap sama yakni Rp2.400.000 yang akan diberikan selama empat bulan. Foto/Antara

EKONOMI

Pendaftaran Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. Foto/Ist

EKONOMI

Menkeu Pastikan Indonesia Masuk Resesi, Apa Dampaknya?
Ilustrasi Mandiri Syariah. Foto/ANTARA FOTO

EKONOMI

Masa Depan Ekonomi Syariah Diprediksi Cerah
Ilustrasi perkantoran. Foto/Ist

EKONOMI

Kehadiran UU Cipta Kerja Dinilai Jadi Malapetaka bagi Ekonomi Indonesia