Home / NASIONAL

Senin, 15 Februari 2021 - 09:04 WIB

Perayaan Imlek, Menag: Pentingnya Ajaran Kebajikan Konghucu

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas. Foto/Youtube Sekretariat Presiden

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas. Foto/Youtube Sekretariat Presiden

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan pesan saat perayaan Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili. Dia menyampaikan pentingnya menghayati ajaran kebajikan yang diajarkan agama Konghucu.

“Hikmah perayaan tahun baru Imlek nasional 2572 yang tidak kalah pentingnya adalah menginternalisasikan intisari ajaran kebajikan dari Konghucu,” jelas Yaqut dalam acara Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili Doa untuk Indonesia, Minggu (14/2).

“Hal ini penting karena ajaran kebajikan akan mengantarkan kepada kedamaian dan keselarasan hidup yang dibutuhkan saat ini,” sambungnya.

Yaqut menyadari perbuatan baik yang diajarkan agama Konghucu sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Ajaran ini meliputi berbakti kepada orang tua hingga perilaku mawas diri.

Ia meyakini ajaran hal ini mampu menjadikan masyarakat semakin kuat dalam menghadapi rintangan.

“Ajaran kebajikan seperti berbakti kepada orang tua dan guru, kasih sayang, sikap setia kepada negara, sikap amanah, sopan santun dan bersusila, berpegang teguh kepada kebenaran, hidup sederhana, mawas diri dan rasa malu jika melanggar etika dan budi pekerti merupakan sejumlah nilai kebajikan yang terus relevan dan penting untuk dipraktekkan,” tuturnya.

“Apabila kita bisa meresapi dan melaksanakan hal ini secara konsisten, niscaya kita akan sanggup menghadapi tantangan baik yang datangnya dari dalam maupun berasal dari luar,” lanjutnya.

Lebih jauh Gus Yaqut mengatakan, mengimbau masyarakat tak merayakan Imlek secara meriah di tengah pandemi COVID-19. ia meminta masyarakat dapat meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan COVID-19. Hal ini sesuai dengan keyakinan umat Konghucu.

“Saya berharap semua dirayakan dengan sederhana. Tidak ada sekali lagi pesta pora, gunakanlah kesempatan momentum untuk merayakan tahun baru ini untuk bersama-sama kita memperketat pelaksanaan protokol kesehatan untuk menghindari kita semua terpapar COVID-19,” terangnya.

(kem/aga)

Share :

Baca Juga

Dengan metode PCR swab, petugas mengambil sampel lendir dari dalam hidung seorang warga di Jepang, untuk mendeteksi virus korona. Foto/AFP

NASIONAL

Update Corona 18 Februari: Tambah 9.039, Positif 1.252.685
Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: Istimewa

NASIONAL

Menteri Agama Fachrul Razi Positif Covid-19
Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati. Foto/Istimewa

NASIONAL

Revisi UU ITE Tak Cukup Jamin Kebebasan Berpendapat
Foto udara kendaraan menuju Jakarta di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Wagub DKI Imbau Perusahaan Swasta Patuhi WFH 75 Persen
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono. Foto/Polri

NASIONAL

Ribuan Personel TNI-Polri Kawal Pengiriman Vaksin ke Bandung
Aparatur sipil negara (ASN) Biro Umum Pemprov DKI Jakarta beraktivitas pada hari pertama masuk kerja di Balai Kota, Jakarta, kemarin. Foto/MI

NASIONAL

ASN Nekat Liburan, Pemprov DKI Siapkan Sanksi
Sejumlah tenaga kesehatan mengenakan alat pelindung diri lengkap untuk memasukan peti mati berisi jenazah. Foto/Antara

NASIONAL

Setahun Corona di RI: 1,3 Juta Positif, 36.325 Meninggal
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono. Ist

NASIONAL

Polisi Ungkap Alasan MIT Teror Warga karena Kehabisan Makanan