Home / NASIONAL

Selasa, 18 Agustus 2020 - 10:10 WIB

Peringati HUT RI ke-75, BI Terbitkan Uang Kertas Rp75 Ribu

JAKARTA, BERITANUSA.id – Bank Indonesia mengeluarkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI). Berbentuk uang kertas pecahan Rp 75 ribu, yang ini menjadi koleksi teranyar Bank Indonesia dalam perayaan ini.

Pengeluaran dan pengedaran UPK 75 tahun RI merupakan wujud rasa syukur atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia.

Peresmian tersebut menandai berlakunya uang rupiah kertas pecahan Rp 75 ribu sebagai alat pembayaran yang sah. Sekaligus merupakan uang peringatan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam peresmian tersebut, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati mengatakan peluncuran UPK 75 Tahun RI bukan tambahan likuiditas untuk kebutuhan pembiayaan atau pelaksanaan kegiatan ekonomi.

Namun dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan khusus, yaitu peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun.

“Selain sebagai bentuk rasa syukur, pengeluaran dan pengedaran UPK 75 Tahun RI sebagai simbol kebangkitan dan optimisme dalam menghadapi tantangan. Termasuk dampak pandemi Covid-19, guna melanjutkan pembangunan bangsa menyongsong masa depan Indonesia Maju,” kata Sri dalam keterangannya, Senin (17/8).

Gubernur Bank Indonesia Perry Wariyo menerangkan bahwa ketiga makna filosofis di dalam UPK 75 Tahun RI tersebut terefleksikan dalam desain yang secara utuh. Peristiwa historikal proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 dan berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan, menggambarkan wujud mensyukuri kemerdekaan.

Keberagaman pakaian adat dan motif kain nusantara mencerminkan semangat memperteguh kebhinekaan. Satelit Merah Putih, sebagai jembatan komunikasi NKRI menuju Indonesia Emas 2045, merupakan optimisme menyongsong masa depan gemilang.

“UPK 75 Tahun RI dilengkapi dengan unsur teknologi pengalaman terbaru dan menggunakan bahan kertas yang lebih tahan lama. Inovasi ini dimaksudkan agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya. Nyaman, dan aman digunakan serta semakin sulit untuk dipalsukan,” jelas Perry.

Dalam perjalanannya, Bank Indonesia telah mengeluarkan Uang Peringatan HUT RI sebanyak tiga kali. Yaitu pada HUT RI ke-25 tahun 1970, ke-45 tahun 1990, dan ke-50 tahun 1995. Dengan demikian, UPK 75 Tahun RI yang dikeluarkan tahun ini, merupakan keempat kali.

UPK 75 Tahun RI dapat dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Melalui mekanisme penukaran uang rupiah pada aplikasi berbasis website di tautan http://pintar.bi.go.id. Satu KTP berlaku untuk satu lembar UPK 75 Tahun RI.

“Aplikasi bisa diakses mulai hari ini pukul 15.00 WIB dan penukaran uang dapat dilakukan di seluruh kantor Bank Indonesia mulai 18 Agustus. Selanjutnya, mulai 1 Oktober penukaran dapat dilakukan di kantor Bank Indonesia dan kantor bank umum yang telah ditunjuk dan bekerja sama dengan Bank Indonesia,” tandasnya. (rls/keu)

Share :

Baca Juga

Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan. Foto/Ist

NASIONAL

Lindungi Petani dalam Skema Perdagangan Nasional dan Internasional
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Daftar Lengkap Perwira yang Dirotasi Kapolri Listyo Sigit
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7). Foto/Antara/Akbar Nugroho Gumay

NASIONAL

Satgas Evaluasi Kerumunan Saat Vaksinasi Warga Tanah Abang
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ist

NASIONAL

Anies Siapkan Kebijakan Baru Tanggulangi Covid-19
Pemerintah akan memberikan biaya ganti rugi atau kompensasi bagi penerima vaksin corona atau covid-19 yang mengalami efek samping atau kejadian ikutan pasca-vaksinasi, cacat ataupun meninggal dunia. Foto/Antara

NASIONAL

Sertifikat Vaksin Akan Jadi Pengganti Aturan Swab dan PCR
Vaksin virus Corona. Foto/Ist

NASIONAL

Vaksin Merah Putih Mulai Diuji Coba ke Hewan
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto/MI

NASIONAL

BREAKING NEWS: Pemerintah Bubarkan FPI
Ilustrasi--Suku Baduy. Foto/Antara

NASIONAL

Suku Baduy Nol Kasus Corona Hampir Setahun Pandemi