Home / NASIONAL

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:36 WIB

Perkiraan Hujan Lebat 28-29 Januari, DKI Siaga Banjir

Hujan di wilayah DKI Jakarta. Foto/Ist

Hujan di wilayah DKI Jakarta. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami hujan lebat pada 28-29 Januari 2020, salah satunya DKI Jakarta.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan prakiraan cuaca yang diprediksi hujan lebat selama dua hari ini juga berpotensi mengakibatkan banjir di Jakarta.

“Berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang, selama dua hari ke depan, potensi dampak dengan status siaga adalah DKI Jakarta,” kata Guswanto dalam keterangan tertulis, Rabu (27/1).

Selain Jakarta, wilayah-wilayah lain yang juga diguyur hujan selama dua hari yakni, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat. Sama halnya dengan Jakarta, wilayah-wilayah ini juga mesti bersiaga atas banjir yang bisa saja terjadi.

Selain hujan dengan intensitas lebat, sebanyak 28 provinsi di Indonesia akan diguyur hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. Provinsi tersebut yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” ujar Guswanto.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mampu mengendalikan permasalahan banjir di Ibu Kota hingga awal tahun 2021.

Ada sejumlah penanganan berbeda yang dilakukan Jakarta, hingga menurut Riza banjir itu bisa dikendalikan. Padahal kata dia, dengan hujan yang terus terjadi saat ini mestinya Jakarta sudah diterjang banjir seperti awal 2020 lalu.

Upaya berbeda yang dilakukan Pemprov DKI, kata Riza, salah satunya yakni dengan meningkatkan intensitas daya tampung sungai, waduk, situ, embung yang dikeruk secara massal.

“Ke depan kita akan tingkatkan lagi yang sehari delapan jam menjadi 16 jam. Mudah mudahan dengan demikian kita bisa memiliki kemampuan daya tampung lebih tinggi,” kata Riza.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi BLT UMKM Rp2,4 juta. Foto/Ist

NASIONAL

Belum Dapat BLT UMKM? Minta Rekomendasi ke 4 Pengusul Ini
PSBB transisi DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Resmi, PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang Dua Pekan
Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek di Jakarta. Foto/Istimewa

NASIONAL

Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan Digeledah
Michael Yukinobu Defretes. Foto/Istimewa

NASIONAL

Usai Diperiksa Selama 11 Jam, MYD: Saya Minta Maaf dan Menyesal
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Membuka acara Musyawarah Nasional Alim Ulama sekaligus Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) Tahun 2019. Foto/BPMI

NASIONAL

Cabut Perpres Miras, PBNU: Presiden Jokowi Sangat Bijak
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

NASIONAL

Menkes Bolehkan Vaksinasi Covid-19 Lewat Jalur Mandiri
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7). Foto/AntaraMenko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7). Foto/Antara

NASIONAL

179 Ribu Warga Telah Suntik Vaksin Covid
Presiden RI Jokowi saat Sidang PBB. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Presiden Jokowi Singgung PBB soal Permasalahan Global