Home / EKONOMI / NASIONAL

Senin, 20 Juli 2020 - 17:38 WIB

Perkuat Pertanian Sebagai Arah Baru Ekonomi Indonesia

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

BOGOR, BERITANUSA.id – Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa menghadapi pandemi Covid-19, maka berbagai upaya harus dilakukan agar Bangsa Indonesia tidak mengalami krisis ekonomi lebih dalam, salah satunya adalah memperkuat produksi pertanian. Menurutnya, diperlukan reorientasi ekonomi baru karena Indonesia menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Orientasi ekonomi baru yang dimaksudkan salah satunya dengan memperkuat sektor pertanian. “Pertanian adalah solusi menghadapi krisis, 75 persen desa desa kita adalah desa pertanian, dan mayoritas penduduk Indonesia pendapatannya bertumpu pada sektor pertanian dan sumber daya alam, karenanya dibutuhkan perhatian khusus ke sektor ini,” ujar Gus Muhaimin, sapaan akrabnya saat melaksanakan Kunjungan Kerja ke Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, Minggu (19/7).

Lebih jauh Gus Muhaimin menjelaskan bahwa orientasi ekonomi baru ke sektor pertanian ini dibutuhkan karena Indonesia harus menjadi kekuatan pangan dunia. “Kita harus keluar dari ketergantungan global, khususnya dari sektor pertanian dan pangan. Bangsa Indonesia harus berdaulat pangan, kita tidak boleh menggantungkan nasib pangan 260 jutaan rakyat Indonesia dari luar karena itu sangat berbahaya jika terjadi krisis,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Rektor IPB Prof Arif Satria menjelaskan dan menunjukkan berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh IPB di bidang teknologi pertanian dan pangan berbasis 4.0, dan dengan mendorong regenerasi petani dengan menciptakan sociopreneur, misalnya dengan mengembangkan program santrienterpreneur.

Menanggapi hal tersebut, Muhaimin semakin optimis bahwa gagasan untuk melakukan reorientasi ekonomi baru ke sektor pertanian dapat diwujudkan karena adanya dukungan dari Perguruan Tinggi dan para pakar. Dia menegaskan bahwa apa yang digagas oleh IPB sejalan dengan apa yang sedang didorong oleh dirinya dalam kapasitas sebagai Wakil Ketua DPR RI Korkesra.

“Saya sudah memerintahkan kepada semua calon pimpinan daerah yang diusung oleh PKB untuk melakukan kontrak politik dengan menjalankan reorientasi ekonomi baru ke sektor pertanian dan ekonomi alternatif lainnya yang menyejahterakan rakyat dan tidak merusak lingkungan,” tutup Muhaimin. (rls/dpr)

Share :

Baca Juga

Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Jokowi Minta Peta Jalan Optimalisasi Pemanfaatan Batu Bara Dipercepat
Basarnas berhasil mengangkat serpihan pesawat serta potongan tubuh korban dari laut. Foto/Media Indonesia/Ramdani

NASIONAL

RS Polri Terima 16 Kantong Jenazah Korban SJ182
Stasiun KRL tampak sepi. Foto/Ist

EKONOMI

Pengguna KRL Turun 70 Persen di Masa Pandemi
Ilustrasi token listrik gratis PLN. Foto/Ist

NASIONAL

Token Listrik Gratis Diperpanjang, Bisa Klaim 7 Januari
Jembatan Jalur Pantura di Sungai Rembun, perbatasan antara Pekalongan -Pemalang Jawa Tengah, ambles. Foto/iNews TV

NASIONAL

Jalur Nasional Terhambat Akibat Jembatan Pantura Ambles
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam Rapim TNI-Polri. Foto/dok Polri

NASIONAL

Kapolri Lantik 4 Kapolda Baru dan Satu Staf Ahli
Maskapai pesawat Garuda Indonesia. Foto/Media Indonesia

EKONOMI

Garuda Luncurkan Tiga Rute Baru Destinasi Wisata Unggulan
PSBB transisi DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Pemprov DKI Bakal Segera Evaluasi PSBB Transisi