Home / NASIONAL / NUSANTARA

Jumat, 19 Februari 2021 - 16:07 WIB

Pernah Diserang KKB, Brigjen Mathius Jadi Kapolda Papua Baru

Brigadir Jenderal Mathius D. Fakhiri. Foto/Istimewa

Brigadir Jenderal Mathius D. Fakhiri. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Brigadir Jenderal Mathius D. Fakhiri resmi ditunjuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolda Papua menggantikan Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw.

Paulus kini dipromosikan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan atau Kabaintelkam Markas Besar Polri.

Penunjukkan Mathius tertuang dalam surat telegram nomor KEP/376/II/2021 tertanggal 18 Februari yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang SDM, Inspektur Jenderal Sutrisno Yudhi Hermawan atas nama Kapolri.

Mathius bukan sosok asing di wilayah Bumi Cenderawasih tersebut. Sebelum ditunjuk sebagai kapolda, Mathius merupakan wakapolda Papua.

Ia lahir pada 6 Januari 1968 di Manokwari, Papua Barat. Sosok lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1990 ini dikenal berpengalaman dalam bidang Brigade Mobil.

Kariernya di Papua dimulai saat dipercaya menjabat sebagai Kapolres Jayapura pada 2009. Dia menempati posisi itu selama dua tahun sebelum dipindah ke Polda Kalimantan Selatan sebagai Wakil Direktur Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit).

Kemudian, dia kembali ke Papua untuk menjabat sebagai Kepala Satuan Brimob Polda Papua sejak 2014. Kurang lebih empat tahun berlalu, dia dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri.

Pangkatnya sebagai jenderal bintang satu pun pecah pada 2020. Dia dipercaya sebagai Wakapolda Papua Barat dan Wakapolda Papua di tahun yang sama.

Saat menjabat sebagai Wakapolda, dia beberapa kali sempat berhadapan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Misalnya, pada September 2020 lalu rombongan polisi yang mengantar Mathius ditembaki KKB di Bandara Bilorai, Distrik Sugapa, Intan Jaya.

Rekaman video penembakan itu ramai dibagikan di media sosial seperti WhatsApp. Video berdurasi lima menit itu menunjukkan kontak tembak terjadi saat warga tengah menurunkan barang dari pesawat untuk dimasukkan ke dalam sebuah truk.

Warga dan pihak kepolisian yang berada di area tersebut lantas berlindung di balik truk. Petugas kepolisian yang mengamankan warga kemudian membalas tembakan sampai akhirnya terjadi kontak senjata dengan KKB.

Kini, Mathius akan mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Inspektur Jenderal usai ditunjuk menjadi Kapolda Papua menggantikan Paulus Waterpauw.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Kompas

NASIONAL

Anies Perpanjang PSBB Transisi DKI hingga 22 November
Gunung Merapi mengeluarkan empat kali guguran lava pijar. Foto/Antara

NUSANTARA

Merapi Kembali Semburkan Material hingga 200 Meter
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Foto/Suara

NASIONAL

Polda Metro Jaya Tak Berikan Izin Unjuk Rasa Buruh 6-8 Oktober
Massa FPI berkumpul di markas mereka di Petamburan untuk menyambut kedatangan Rizieq Shihab. Foto/AFP

NASIONAL

155 Peserta Aksi 1812 Ditangkap, 22 Orang Reaktif Covid
Vaksin covid-19 produksi Sinovac. Foto/AFP

NASIONAL

Ada 7 Tahapan Sebelum Vaksin Sinovac Dinyatakan Halal
Ilustrasi vaksin Covid. Foto/Ist

NASIONAL

Enam Kelompok Jadi Prioritas Penerima Vaksin Covid Tahap Awal
Kantor Imigrasi Kelas I Semarang. Ist

NASIONAL

Kantor Imigrasi Harus Perketat Keluar Masuk WNA
Korem 162/WB menggelar kegiatan olahraga bersama dan bakti sosial. Foto/TNI

NUSANTARA

Sambut HUT TNI ke-75, TNI-Polri Kota Mataram Gelar Baksos dan Olahraga