Home / NASIONAL

Senin, 15 Februari 2021 - 13:03 WIB

Perpres Terbit, Penolak Vaksin Terancam Sanksi

Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Perpres Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengadaan Vaksin dan Vaksinasi Covid-19. Dalam Perpres ini, masyarakat yang menolak vaksin Covid-19 terancam dikenai sanksi.

“Setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima Vaksin Covid-19 yang tidak mengikuti vaksinasi sebagaimana yang dimaksud ayat (2) dapat dikenai sanksi adminstratif,” demikian bunyi Pasal 13A ayat (4) seperti dikutip pada Minggu (14/2).

Adapun sanski adminsitratif bagi masyarakat yang menolak vaksin berupa penundaan atau penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan sosial. Kemudian, penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan, dan/atau denda.

Namun diterbitkan Presiden Jokowi pada 9 Februari 2021 ini, tidak secara rinci mengatur denda bagi masyarakat yang menolak vaksinasi Covid-19.

Dalam Pasal 13B menetapkan bahwa masyatakat yang menolak bisa dijerat dengan UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular.

“Setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin Covid-19, yang tidak mengikuti vaksinasi Covid-19 sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13A ayat (2) dan menyebabkan terhalangnya pelaksanaan penanggulangan penyebaran Covid-19, selain dikenakan sanksi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13A ayat (4) dapat dikenakan sanksi sesuai ketentuan undang-undang tentang wabah penyakit menular,” demikian penjelasan Pasal 13B.

(set/pre)

Share :

Baca Juga

Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Kapolri usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini. Foto/Tangkapan Layar Youtube Setpres

NASIONAL

Kapolri Listyo Sigit Rumuskan Program 100 Hari Kerja
Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali. Foto/Pemprov DKI Jakarta

NASIONAL

Wali Kota Jaksel Marullah Matali Terpilih Jadi Sekda DKI
Kapolri, Jendral Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., memimpin pelaksanaan Upacara peringatan HUT ke-70 Korpolairud tahun 2020 di Mabes Polri Jakarta, Selasa (1/12). Foto/Polri

NASIONAL

Pesan Kapolri di HUT ke-70 Korpolairud
Suasana sidang di Mahkamah Konstitusi, Rabu (19/6). Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A

NASIONAL

MK Gelar Sidang Gugatan UU Ciptaker Hari Ini
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7). Foto/Antara/Akbar Nugroho Gumay

NASIONAL

Lurah dan Kepala Desa Pimpin Posko Covid-19
Suasana DKI Jakarta. Ist

NASIONAL

Sepekan PSBB, Lalu Lintas DKI Lancar
Demo mahasiswa tolak omnibus law UU Cipta Kerja. Foto/JPNN

NASIONAL

Stafsus Milenial Jokowi Ajak Mahasiswa ke Istana Bahas Ciptaker
Kantor KPK KPK di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

KPK Sita Rp440 Juta Hasil Geledah Kasus Suap Banggai Laut