Home / NASIONAL

Senin, 12 Oktober 2020 - 11:59 WIB

Persoalan Guru Honorer Harus Segera Diselesaikan

Ilustrasi kegiatan belajar-mengajar oleh guru dan para siswa di sekolah. Foto/Ist

Ilustrasi kegiatan belajar-mengajar oleh guru dan para siswa di sekolah. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Anggota komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira mengatakan persoalan pendidikan terkait guru honorer sudah menjadi permasalahan nasional. Belum ada solusi hingga kini yang ditawarkan pemerintah kepada DPR RI. Oleh karena itu, Andreas meminta beberapa kementerian duduk bersama agar masalah ini segera terselesaikan.

“Kami minta agar lintas kementerian antara Kemendikbud, Kemenpan RB, Kemendagri dan Kemenkeu untuk bersama-sama secepatnya menyelesaikan persoalan ini. Sehingga kedepan kita tidak punya lagi pegawai honorer yang hidup dengan standar gaji yang sangat minim dan lebih bersifat belas kasih,” kata Andreas di Kantor Bupati Kuningan, Jawa Barat, seperti dikutip Senin (12/10).

Politikus Fraksi PDI Perjuangan ini menegaskan, persoalan pendataan jumlah tenaga honorer khususnya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus jelas. Persoalan ini adalah persoalan koordinasi karena Kemenpan RB merupakan leading sektornya.

Menurutnya, koordinasi antar lembaga negara ini harus lebih intensif sehingga persoalan data bisa diselesaikan, sehingga rekrutmen tenaga non PNS menjadi PNS atau PPPK akan menjadi jelas. Anggota Dewan dapil NTT I ini juga menambahkan, ketersediaan dana dari Kementerian Keuangan perlu diperhitungkan.

“Saya kira ini juga penting untuk menjadi salah satu platform kerja bersama lintas kementerian dan lembaga untuk menyelesaikan persoalan tenaga honorer,” pungkasnya.

(heq/dpr)

Share :

Baca Juga

Petugas di TPS memakai masker dan face shield serta sarung tangan saat mengangkat kotak suara dalam simulasi pemungutan suara di Gedung KPU. Foto/Media Indonesia

NASIONAL

Tahapan Pilkada Serentak 2024 Dimulai 2023
Presiden Jokowi saat ziarah ke TMP Kalibata. Foto/Setpres

NASIONAL

Kilas Balik Hari Pahlawan Nasional 10 November
Progres Jakarta International Stadium. Foto/Kumparan

NASIONAL

Konsep Green Building, Jakarta International Stadium Bakal Manfaatkan Air Hujan
Presiden Joko Widodo membuka Inovasi Indonesia Expo 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 10 November 2020. Foto/BPMI

NASIONAL

Presiden Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet
Presiden RI Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Vaksin Telah Tiba di Indonesia, 6 Kelompok Jadi Prioritas
Foto udara kendaraan menuju Jakarta di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Wagub DKI Imbau Perusahaan Swasta Patuhi WFH 75 Persen
Budi Gunadi Sadikin. Foto/BNPB

NASIONAL

Program Vaksinasi Drive-Thru Diluncurkan di Bali
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi: Infrastruktur untuk Bangun Peradaban Baru