Home / NASIONAL

Senin, 1 Februari 2021 - 09:37 WIB

Pesan Said Aqil untuk Generasi Muda NU

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj. Foto/Antara

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj mengizinkan seluruh generasi muda NU untuk belajar ke berbagai negara, salah satunya Arab Saudi.

Kendati begitu, dia berpesan ketika kembali ke Indonesia hanya membawa ilmunya saja tanpa membawa budaya dari negara yang menjadi tempat belajar.

“Sering saya katakan, silakan belajar cari ilmu ke Arab, Gus Dur keluaran Irak, Gus Mus keluaran Mesir, Pak Quraish Shihab Mesir, Alwi Shihab juga adiknya, Pak Aqil Munawar keluaran Mekkah, senior saya itu,” ungkap Said di acara Harlah NU ke-95 yang disiarkan akun Youtube NU Channel, Sabtu (30/1).

“Saya jelek-jelek 13 tahun di Mekkah ini, S1 sampai S3, pulang jangan bawa budayanya, bawa ilmunya. Kenapa? Budaya kita lebih unggul dari pada budaya Arab,” sambungnya.

Said mencontohkan ketika ada orang shalat mereka lewat seperti biasa, malah melangkahi orang sujud. Hal ini tentu berolak belakang dengan budaya di Indonesia.

“Yang sudah haji pasti sudah mengalami kepalanya dilangkahi lagi sujud. Itu di kita jangan coba-coba melangkahi kepala orang lagi sujud atau lewat di depan orang lagi salat saja sudah jelek sekali di kita ini,” tuturnya.

Selain itu, Said juga mencontohkan budaya orang Arab ketika adik memanggil kakaknya langsung menyebutkan nama. Berbeda di Indonesia dengan sebutan yang lebih sopan.

“Di sana adik panggil kakak tidak ada ‘kak, mas, bang’, nggak ada, namanya saja langsung. Di kita betapa jeleknya, adik panggil namanya saja kepada kakaknya harus ada kang, kak, mas bang, itulah budaya kita lebih baik daripada mereka,” ucapnya.

Said tak hanya menyebut negara Timur Tengah saja. Dia juga mempersilakan generasi muda NU untuk belajar ke Eropa hingga Amerika. “Yang kuliah silakan kuliah ke Amerika, Eropa, Australi, monggo, tapi pulang bawa teknologi, jangan bawa budaya,” ujarnya.

(nad/ula)

Share :

Baca Juga

Hujan di wilayah DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

BPBD DKI: Peringatan Dini Cuaca di Wilayah Jakarta
Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pembicara dalam APEC CEO Dialogues 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 19 November 2020. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Menteri KKP Ditangkap, Presiden Hormati Proses Hukum di KPK
Bendungan Napun Gete yang merupakan salah satu dari tujuh bendungan yang dibangun semasa pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah siap beroperasi. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Resmikan Bendungan Napun Gete, Jokowi: Air Kunci Kemakmuran
Ilustrasi lifting minyak. Foto/Ist

NASIONAL

Kementerian ESDM Targetkan Lifting Mintak Capai 1 Juta Barel
Pimpinan FPI Rizieq Shihab (tengah). Foto/AFP

NASIONAL

Bareskrim Limpahkan Berkas Kasus Rizieq Soal Kerumunan
Ilustrasi--Rapat paripurna DPRD DKI Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Dana Kunker Luar Negeri DPRD DKI Capai Rp27,2 M
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto/Ist

NASIONAL

Instruksi Mendagri untuk 7 Provinsi Soal PSBB Jawa-Bali
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. Foto/Antara

NASIONAL

Enam Jenazah Laskar FPI Dipulangkan Hari Ini