Home / NASIONAL

Rabu, 2 September 2020 - 10:12 WIB

Peserta Didik PAUD yang Terdaftar di Dapodik Akan Diberikan NISN

Ilustrasi sekolah PAUD. Foto/Ist

Ilustrasi sekolah PAUD. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana untuk memberikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) bagi peserta didik di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Setelah kami konfirmasi memang PUSDATIN (Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan) akan memberikan NISN kepada peserta didik PAUD yang terdaftar di tahun ajaran 2020/2021,” kata Direktur PAUD Kemendikbud Muhammad Hasbi seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (1/9).

Menurut Hasbi, peserta didik yang akan diberikan NISN hanya mereka yang datanya tercatat dalam Data Pokok Pendidikan atau Dapodik Kemendikbud.

“Peserta didik PAUD yang akan mendapat NISN adalah mereka yang telah terdaftar di Dapodik PAUD,” jelasnya.

Sementara bagi PAUD yang data peserta didiknya belum masuk ke Dapodik, Hasbi mengimbau untuk segera mendaftarkannya.

“Jika peserta didik belum terdaftar, maka satuan PAUDnya harus segera mendaftarkan di Dapodik sebelum 30 September ya,” tutur dia.

Ijazah PAUD Bukan Syarat Masuk SD
Sebelumnya Muhammad Hasbi juga menegaskan bahwa ijazah jenjang Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD belum menjadi prasyarat wajib bagi siswa untuk masuk ke jenjang Sekolah Dasar (SD).

“Walaupun pentingnya PAUD untuk melesatkan tumbuh kembang anak dan menyiapkan bersekolah di jenjang berikutnya sudah tidak terbantahkan lagi, tetapi sampai saat ini ijazah PAUD belum menjadi syarat wajib untuk masuk SD,” ujar Hasbi kepada Liputan6.com, Selasa (1/9).

Kendati begitu, Hasbi menyebut hal itu bukan menjadi alasan para orangtua untuk tidak mendaftarkan anaknya ke jenjang PAUD.

“Tetapi hal ini tidak mengurangi pentingnya mendaftarkan anak kita untuk mengikuti PAUD,” pungkasnya. (lip)

Sumber: Liputan 6

Share :

Baca Juga

Ilustrasi bisnis UMKM di Indonesia. (Ist)

NASIONAL

Pelaku UMKM Mulai Rasakan Nikmatnya Program PEN
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah) mengenakan baju tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 25 November 2020. Foto/ANTARA/ Indrianto Eko Suwarso

NASIONAL

Edhy Prabowo Disebut Pernah Terima Uang Hasil Ekspor Benur
Presiden Joko Widodo menerima surat kepercayaan dari sejumlah duta besar negara sahabat di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 4 Februari 2021. Tampak dalam foto ialah saat Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji, menyerahkan surat tersebut kepada Presiden. Foto/BPMI Setpres/Kris

NASIONAL

Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari 7 Dubes

NASIONAL

Update Kasus Corona 4 Agustus: 115.056 Positif, 72.050 Sembuh
Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda. Foto/Ist

NASIONAL

Soal Klaim Benny Wenda Deklarasikan Papua Merdeka
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Komjen Listyo Sigit Dilantik Jadi Kapolri 27 Januari
Ilustrasi Pilkada 2020. Foto/Antara

NASIONAL

Pilkada 2020: Sahrul Gunawan Menang, Iyeth Bustami Tumbang
Sejumlah kendaraan berhenti saat lampu merah di dekat kawasan aturan ganjil-genap, Jalan Medan Merdeka Selatan. Foto/ANTARA/Sigid Kurniawan

NASIONAL

Ganjil Genap DKI Masih Belum Berlaku