Home / NASIONAL

Rabu, 23 September 2020 - 13:36 WIB

Pilkada Digelar Sesuai Jadwal, Pemerintah Harus Pastikan Keselamatan Rakyat

Ilustrasi Pilkada 2020. Ist

Ilustrasi Pilkada 2020. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah telah menetapkan pilkada serentak 2020 bakal dilaksanakan sesuai jadwal, yakni pada 9 Desember 2020. Namun, pemerintah juga harus bisa memastikan keselamatan rakyat di tengah pandemi Covid-19.

“Jika pilkada tidak bisa ditunda, maka penerbitan Perppu Pilkada di masa pandemi sangat mendesak. Peraturan yang ada tidak mencukupi untuk memastikan gelaran menjamin keselamatan rakyat,” kata anggota komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani dalam keterangan resminya, Rabu (23/9).

Netty mengatakan, proses pendaftaran paslon pilkada yang berantakan dikhawatirkan menjadi klaster baru Covid-19. Bahkan, kata dia, sejumlah paslon kepala daerah dinyatakan positif Covid-19.

“Kerumunan massa, berdesakan, tak menggunakan masker dan pelanggaran protokol kesehatan lainnya saat pendaftaran paslon menjadi pelajaran penting. Ini bukti bahwa kita tidak bisa menertibkan massa tanpa payung hukum yang kuat,” lanjutnya.

Menurut dia, pelaksanaan pilkada serentak harus ada Perppu yang tegas. Dimana Perppu tersebut memuat sanksi jika ada yang melanggar, maka akan dilakukan pembubaran kegiatan bahkan diskualifikasi bagi paslon kepala daerah.

“Perppu ini tidak boleh menjadi macan ompong, dibuat untuk tidak dipatuhi, atau dibuat tapi ada dispensasi. Jika pemerintah tidak siap menjamin pilkada aman, lebih baik pilkada ditunda, karena keselamatan rakyat lebih penting dari segalanya,” pungkasnya.

(heq/dpr)

Share :

Baca Juga

PSBB transisi DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Pemprov DKI Bakal Segera Evaluasi PSBB Transisi
Pusat perbelanjaan Lippo Mal Kemang Jakarta sepi sejak diberlakukan imbauan di rumah saja. Foto/MI

NASIONAL

Mal di DKI Wajib Tutup Jam 19.00 di Natal dan Tahun Baru
Banjir ibu kota Jakarta. Foto/BPBD DKI

NASIONAL

Banjir Setinggi 150 Sentimeter Genang Wilayah DKI
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas lanjutan pembahasan dampak virus Covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

Isu Reshuffle, 6 Sampai 8 Menteri Bakal Diganti
Tangkapan layar video, detik-detik Bupati Petahana Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, Muhdin Mabud pingsan saat orasi politik dihadapan pendukungnya, Jumat (4/9).

NASIONAL

Bupati Halmahera Timur Meninggal Dunia saat Orasi Politik
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto/MI

NASIONAL

Mahfud: Ada 1.520 Pelanggaran Pilkada, 16 Masuk Pidana
PT Integrasi Transit Jakarta. Foto/DKI

NASIONAL

PT MRT Jakarta dan Transjakarta Bentuk Anak Perusahaan Baru
Menteri Perekonomian Airlangga Hartato. Foto: Istimewa

NASIONAL

KUR Dapat Dinikmati Seluruh Sektor Ekonomi