Home / GLOBAL

Kamis, 4 Februari 2021 - 18:32 WIB

PM Malaysia Belajar Tangani Pandemi dari Indonesia

Perdana Menteri (PM) Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin. Foto/Istimewa

Perdana Menteri (PM) Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Perdana Menteri (PM) Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin mulai hari ini, Kamis (4/1/2021), siap melakukan perjalanan ke Indonesia. Kunjungan kenegaraan ini merupakan kunjungan resmi pertamanya ke luar negeri.

Kunjungan PM Malaysia ke Indonesia merupakan untuk menyambut undangan khusus Presiden Joko Widodo. Rencananya, Tan Sri Muhyiddin bersama pejabat tinggi Malaysia lainnya akan berada di Jakarta sampai besok Jumat (5/2).

Dalam kunjungan ini kedua pemimpin akan menggelar diskusi untuk mengatasi tantangan umum pandemi Covid-19. Termasuk kerja sama di beberapa bidang utama.

“Ada beberapa hal penting yang menyangkut kepentingan kedua negara yang membutuhkan pembahasan lebih lanjut dan saling pengertian seperti kerja sama ekonomi, keamanan regional dan bilateral. Selain itu, juga upaya bersama dalam memerangi pandemi Covid-19,” terang Kementerian Luar Negeri Malaysia dalam pernyataan resminya.

“Adapun kedua kedua pemimpin sepakat untuk melakukan pertemuan tatap muka,” sambungnya.

Dalam kunjungan itu, PM Muhyiddin juga akan mempelajari praktek terbaik dalam penggunaan vaksin Covid-19 dari Indonesia. Mengingat Indonesia itu telah memulai program peluncuran vaksinasi.

“Inisiatif berbagi pengetahuan ini akan menguntungkan Malaysia dengan program vaksinasi sendiri yang bakal segera dimulai,” ujarnya menambahkan.

Selain itu dalam kesempatan yang berbeda, Kementerian Luar Negeri Indonesia juga menyampaikan rencana mengenai kunjungan PM Malaysia ini.

Dalam situs resmi Kemenlu RI, disebutkan kedua pemimpin juga akan membicarakan isu perlindungan pekerja migran Indonesia (PMI) di Negeri Jiran, kerja sama ekonomi dan perdagangan, perbatasan, dan pengaturan Travel Corridor Arrangement.

Menurut rencana juga akan dibahas berbagai isu kawasan dan dunia termasuk dalam rangka memperkuat kerja sama dalam menangani isu kampanye negatif dan memajukan minyak sawit dalam pembangunan yang berkelanjutan.

(pmj)

Share :

Baca Juga

Rusia mulai vaksinasi warga. Foto/AFP

GLOBAL

Rusia Mulai Vaksinasi Warga Secara Mandiri
Perang antara Armenia dan Azerbaijan. Ist

GLOBAL

Tolak Damai, Armenia-Azerbaijan Lanjut Perang
Suasana masa pandemi di Inggris. Foto/Liputan6

GLOBAL

Satu dari 50 Warga Inggris Positif Covid-19
Ledakan besar terjadi di pelabuhan Beirut, Lebanon. Foto/Istt

GLOBAL

Ledakan Besar Terjadi di Lebanon, Ratusan Bangunan Hancur
Indonesia menjadi Dewan Keamanan PBB. Ist

GLOBAL

Catatan Positif Presidensi RI di DK PBB
tabloid Prancis Charlie Hebdo. Foto/Ist

GLOBAL

Penerbitan Kartikatur Nabi Muhammad Lukai Umat Islam
Aung San Suu Kyi. Foto/AFP

GLOBAL

Myanmar Kudeta, Warga Ramai-ramai Tarik Uang Tunai dari ATM
Topan Masyak menerjang Korea Selatan. AFP

GLOBAL

2.200 Orang Diungsikan Akibat Topan Masyak