Home / NUSANTARA

Kamis, 14 Januari 2021 - 18:02 WIB

Polda Kalsel Kerahkan Personel Evakuasi Korban Banjir

Polda Kalsel evakuasi warga korban banjir. Foto/Polri

Polda Kalsel evakuasi warga korban banjir. Foto/Polri

BANJARMASIN, BERITANUSA.id – Polda Kalsel mengerahkan Tim SAR yang terdiri dari gabungan Polri, TNI, Basarnas, dan stakeholder lain untuk mengevakuasi warga yang terdampak banjir, di Kabupaten Banjar dan Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto mengatakan, Tim SAR gabungan tersebut saling bahu-membahu mengevakuasi serta memberikan bantuan kepada warga korban banjir, sekaligus melakukan pengamanan harta benda di lokasi banjir.

“Tim membantu evakuasi warga, utamanya orang lanjut usia dan anak-anak,” terang Rikwanto, dalam keterangannya, Rabu (13/1).

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Mochamad Rifai menambahkan banjir merendam setidaknya tujuh kecamatan, di Kabupaten Banjar akibat guyuran hujan yang terus turun beberapa hari belakangan.

Ketujuh kecamatan itu yakni, Kecamatan Pengaron, Kecamatan, Astambul, Kecamatan Martapura Kota, Kecamatan Martapura Timur, Kecamatan Martapura Barat, Kecamatan Intan, dan Kecamatan Sungai Tabuk.

“Diperkirakan ketinggian air yang merendam rumah warga mencapai satu hingga dua meter lebih. Sampai saat ini ada tujuh kecamatan yang terdampak banjir dengan perkiraan kondisi air akan terus meninggi karena hujan seharian sampai malam,” jelas Rifai.

Rifai menyampaikan, sejumlah warga telah dievakuasi dan kini berada di rumah keluarga yang tidak terendam banjir, dan sedang dilakukan pendataan.

“Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir, Polda Kalsel melalui Polres Banjar telah memberikan sejumlah logistik kepada warga baik makanan siap saji maupun bantuan logistik lainnya, seperti selimut dan obat-obatan,” ungkap dia.

“Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, memerintahkan personel untuk berangkat ke lokasi banjir memberikan bantuan langsung kepada warga yang terdampak banjir,” imbuh Rifai.

(heq/pol)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi--Seorang pria membawa kotak suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Manado, Sulawesi Utara. Foto/Antara

NASIONAL

Pilkada 2020: Pomanto Kalahkan Kerabat JK di Makassar
Ilustrasi simulasi perang TNI AD. Foto/Ist

NASIONAL

Hadapi Agresi Negara Asing, TNI AD Simulasi Perang di Sumsel
Pupuk organik dari kotoran kelinci. Foto/Ist

NUSANTARA

Olah Kotoran Kelinci Jadi Pupuk Organik
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

NASIONAL

Tangsel Mulai Vaksinasi Corona 14 Januari
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Ist

NUSANTARA

Anies Baswedan Apresiasi Tenaga Kesehatan Covid-19
Banjir Kota Medan. Foto/Antara

NUSANTARA

Banjir Rendam 7.872 Rumah di Medan
Pasar Ikan Modern. Foto/Ist

EKONOMI

Menteri Edhy Resmikan Pasar Ikan Modern di Palembang
TINGGINYA curah hujan di sejumlah wilayah di Riau menyebabkan luapan air. Sebanyak 2.949 rumah dan 1.513 hektare sawah terendam banjir di Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu. Foto/Antara

NUSANTARA

Warga Sukabumi Terancam Bencana Pergerakan Tanah