Home / NASIONAL

Selasa, 22 Desember 2020 - 15:43 WIB

Polda Metro Siapkan Rekayasa Lalin Saat Operasi Lilin

Ilustrasi--Petugas melakukan razia masker di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin (14/9).

Ilustrasi--Petugas melakukan razia masker di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin (14/9).

JAKARTA, BERITANUSA.id – Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Lilin 2020 selama 15 hari ke depan mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 untuk mengantisipasi arus mudik dan balik pada libur Natal dan Tahun Baru.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga akan mengantisipasi kerumunan demi menekan penyebaran Covid-19. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyiapkan rekayasa lalu lintas bagi masyarakat yang ingin keluar dan masuk Jakarta saat libur nanti.

“Ya tentu kami siapkan rekayasa lalin kalau memang terjadi kepadatan, khususnya di hari libur Natal dan Tahun Baru,” kata Sambodo, Senin (21/12).

“Skenario one way, skenario contraflow sudah kami siapkan baik pada saat arus mudik pada saat arus balik. Tapi konsen kami akan lebih kepada di tengah kota Jakarta,” sambungnya.

Salah satu yang menjadi fokus pengamanan lalin adalah daerah perbatasan Jakarta pada saat Tahun Baru 2021.

“Pertama, khusus malam Tahun Baru kami harapkan masyarakat di seputar Jakarta untuk tidak masuk Jakarta. Kedua, tidak merayakan Tahun Baru di jalan. Kami imbau juga agar mereka untuk melaksanakan perayaan Tahun Baru di rumah saja. Selain itu juga tempat-tempat wisata itu tutup jam lima sore,” kata Sambodo.

Polisi juga akan menggelar razia secara acak guna mencegah kerumunan massa pada malam tahun baru 2021. Salah satu yang menjadi lokasi, yakni rest area yang masuk dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Kendaraan akan kita cek secara random, sesuai arahan dengan Bapak Korlantas. Di rest area dan titik tertentu,” ujar Sambodo.

“Kita jaga semua titik protokol yang selama ini (menjadi) pusat-pusat kerumunan massa. Ancol, Taman Mini, Kota Tua itu tutup pukul 17.00 WIB. Jadi memang sudah tidak ada apa apa di malam tahun baru, (masyarakat) sebaiknya merayakan di rumah masing-masing,” jelasnya.

Diprediksi arus balik akan terjadi dua kali mengingat libur panjang dibagi dua pekan, yakni natal dan tahun baru. Untuk periode Natal arus mudik diperkirakan terjadi pada 23 hingga 24 Desember 2020.

Sedangkan arus baliknya sekitar 26 Desember 2020. Sementara arus mudik periode tahun baru diprediksi terjadi pada 30-31 Desember 2020. Kemudian arus baliknya sekitar 3 atau 4 Januari 2021.

(pol)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi--Seorang pria membawa kotak suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Manado, Sulawesi Utara. Foto/Antara

NASIONAL

Pilkada 2020: Pomanto Kalahkan Kerabat JK di Makassar
Tim SAR gabungan menemukan beberapa puing yang diduga berasal dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Basarnas Perpanjang Masa Pencarian Sriwijaya SJ 182
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono. (Foto: Div Humas Polri)

NASIONAL

Melawan Saat Hendak ditangkap, Densus Tembak Terduga Teroris IA di Sukoharjo
Menteri Sosial Juliari Peter Batubara. Foto/Antara/Puspa Perwitasari

NASIONAL

Menteri-menteri Kabinet Jokowi di Pusaran Korupsi
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto/MI

NASIONAL

3 Fokus Pemerintah Hadapi Pandemi pada 2021
Vaksin Covid-19 produksi Bio Farma. Foto/Istimewa

NASIONAL

Bio Farma Distribusikan 2,3 Juta Dosis Vaksin ke 4 Provinsi
Wisata bahari di pulau-pulau kecil. Foto/Ist

NASIONAL

Menteri Kelautan Ajak Investor Kembangkan Wisata Bahari Pulau-pulau Kecil
Demo mahasiswa tolak omnibus law UU Cipta Kerja. Foto/JPNN

NASIONAL

Stafsus Milenial Jokowi Ajak Mahasiswa ke Istana Bahas Ciptaker