Home / NASIONAL

Jumat, 22 Januari 2021 - 20:15 WIB

Polda Metro Tilang 800 Pelanggar Per Hari dari e-TLE

Sejumlah kamera cctv terpasang di perempatan Jalan Gunung Sahari, Jakarta. Foto/MI

Sejumlah kamera cctv terpasang di perempatan Jalan Gunung Sahari, Jakarta. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (e-TLE) di DKI Jakarta dinilai aktif dalam melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas para pengendara.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan dalam sehari pelanggaran lalu lintas mencapai ratusan.

‚ÄúTiap hari kami mengirim surat tilang ke rumah-rumah pelanggar itu kurang-lebih antara 600 hingga 800 tilang per hari dari 53 kamera e-TLE,” kata Kombes Sambodo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (22/1).

Kombes Sambodo juga menuturkan kamera e-TLE dinilai efektif dalam melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas. Selain itu, tilang elektronik juga dinilai efektif mengurangi pungli dan penyelewengan oknum anggota lalu lintas.

“Dari segi transparansi ini luar biasa karena menghilangkan proses negosiasi dan sebagainya antara petugas dan masyarakat karena tidak ada pertemuan antara petugas dan masyarakat sehingga ini meningkatkan akuntabilitas Polri dalam hal ini Polantas dalam bekerja,” jelas Sambodo.

Sebelumnya, dalam fit and proper test di Komisi III DPR, calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan mengurangi interaksi dalam proses penilangan untuk menghindari praktik penyimpangan uang pada proses tilang.

Sebaliknya, ia akan mengintensifkan penerapan tilang elektronik atau menggunakan kamera electronic traffic law enforcement (e-TLE).

“Khusus di bidang lalu lintas, penindakan pelanggaran lalu lintas secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau biasa disebut e-TLE,” kata Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri di ruangan Komisi III DPR, Jakarta, Rabu (20/1).

(pmj/heq)

Share :

Baca Juga

Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

Satu Pegawai KPK Meninggal Dunia Karena Covid
Siswa SMK Berkompetisi dalam Lomba Kompetensi Siswa di Jogja Expo Center, Selasa (9/7). Foto/MI

NASIONAL

Mayoritas Siswa Setuju Sekolah Tatap Muka pada Januari 2021
Upaya pencarian korban kecelakaan Sriwijaya Air. Foto/Antara

NASIONAL

6 Korban Teridentifikasi, CVR Black Box Masih Dicari
Ilustrasi--Uang Rp100 ribu. Foto/Istimewa

NASIONAL

Skema Penyaluran Bansos Covid-19 di DKI Tahun 2021
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Foto: Istimewa

NASIONAL

Soal Kisruh POP, Mendikbud Minta Maaf kepada Muhammadiyah, NU dan PGRI
Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Somad. Foto/Medcom/Octavianus Diw Sutrisno)

NASIONAL

Wali Kota Depok Positif Corona
Bupati Bogor Ade Yasin (tengah) hadiri acara BES 2019 di Royal Tulip Gunung Geulis, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (12/12). Foto/Ist

NASIONAL

Soal Megamendung, Bupati Bogor Dicecer 50 Pertanyaan
Kantor MUI. Foto/Ist

NASIONAL

MUI Tak Akan Keluarkan Fatwa Wajib Vaksinasi Corona