Home / NASIONAL

Kamis, 7 Januari 2021 - 13:47 WIB

Polisi Buru Pelaku Deklarator Tentara Allah

Ilustrasi--Seorang Muslim tengah berdoa. Foto/Freepik

Ilustrasi--Seorang Muslim tengah berdoa. Foto/Freepik

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pihak kepolisian tengah mencari keberadaan deklarator jemaah Jundullah atau Tentara Allah, Erwan Sa’ad di Kabupaten Bandung Barat. Polisi akan meminta keterangan kepada yang bersangkutan terkait tujuan dideklarasikannya kelompok tersebut.

“Sampai sekarang sedang kita cari untuk mintai keterangan mengapa yang bersangkutan melakukan seperti itu,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago, Rabu (6/1).

Sejauh ini pihak kepolisian masih mencari keberadaan sang deklarator tentara Allah yang menghebohkan jagat maya tersebut.

Erdi juga menyatakan warga yang sempat mengikuti deklarasi sudah menyatakan menolak dan membatalkan keinginan Erwan yang diketahui seorang ustaz.

“Terkait mereka yang menamakan Jundullah ini pada prinsipnya warga tersebut tidak mengerti apa yang disampaikan. Dia mengikuti ustaz tersebut, mereka tidak mengerti apa-apa,” kata Erdi.

Dengan adanya klarifikasi dan pernyataan sikap warga, Erdi memastikan bahwa masyarakat tersebut tidak ikut-ikutan lagi.

“Jadi yang namanya masyarakat tidak mengerti dan mereka melihat seorang ustaz dia meminta umat di salah satu wilayahnya itu untuk mengikuti sebagai laskar Jundullah itu. Ternyata setelah dipahami dan dipelajari tidak sejalan. Oleh karena itu masyarakat membuat klarifikasi,” kata dia.

Sebelumnya, beredar video deklarasi Jundullah atau tentara Allah di sebuah masjid di Kabupaten Bandung Barat. Deklarasi tersebut dipimpin oleh seseorang bernama Erwan Sa’ad yang diduga sebagai pemimpin jemaah tersebut.

Adapun sekelompok jemaah tersebut berasal dari Kampung Sasak Bubur RT 04/RW 03, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. Deklarasi dilakukan pada 1 Januari 2021. Selang beberapa hari kemudian, jemaah yang waktu itu menghadiri pembacaan deklarasi membuat surat pernyataan bersama yang ditandatangani oleh sebanyak 14 orang.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Permohonan SKCK di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat meningkat sejak ada lowongan penerimaan CPNS secara nasional. Foto/Antara

NASIONAL

Cara dan Syarat Buat SKCK Tanpa Dipungut Biaya
Artis Gisella Anastasia dicecar pertanyaan oleh wartawan usai diperiksa di Gedung Ditkrimsus Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Foto/Antara/Hafidz Mubarak

NASIONAL

Gisel Minta Maaf ke Seluruh Rakyat Soal Video Porno
Sejumlah puing dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Foto/Antara

NASIONAL

Investigasi Sriwijaya Air Paling Cepat 30 Hari
Ilustrasi operasi yustisi. Foto/Ist

NASIONAL

Polri Catat Total Denda Rp702 Juta dalam Sepekan Operasi Yustisi
Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto/Antara

NASIONAL

Idham Minta Jajarannya Dukung Listyo Sigit Jadi Calon Kapolri
Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Kapolri usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini. Foto/Tangkapan Layar Youtube Setpres

NASIONAL

Jadi Kapolri, Listyo Sigit Naik Pangkat Jadi Jenderal
Presiden Joko Widodo membuka Jakarta Food Security Summit (JFSS) ke-5 Tahun 2020 secara virtual, sebagaimana ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu, 18 November 2020. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Klaim UU Ciptaker Dapat Perbaiki Iklim Usaha dan Investasi
Kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab disambut massa pendukungnya. Foto/AFP

NASIONAL

Rizieq Diduga Kabur dari RS Ummi Bogor Berujung Perkara