Home / NASIONAL

Kamis, 7 Januari 2021 - 13:47 WIB

Polisi Buru Pelaku Deklarator Tentara Allah

Ilustrasi--Seorang Muslim tengah berdoa. Foto/Freepik

Ilustrasi--Seorang Muslim tengah berdoa. Foto/Freepik

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pihak kepolisian tengah mencari keberadaan deklarator jemaah Jundullah atau Tentara Allah, Erwan Sa’ad di Kabupaten Bandung Barat. Polisi akan meminta keterangan kepada yang bersangkutan terkait tujuan dideklarasikannya kelompok tersebut.

“Sampai sekarang sedang kita cari untuk mintai keterangan mengapa yang bersangkutan melakukan seperti itu,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago, Rabu (6/1).

Sejauh ini pihak kepolisian masih mencari keberadaan sang deklarator tentara Allah yang menghebohkan jagat maya tersebut.

Erdi juga menyatakan warga yang sempat mengikuti deklarasi sudah menyatakan menolak dan membatalkan keinginan Erwan yang diketahui seorang ustaz.

“Terkait mereka yang menamakan Jundullah ini pada prinsipnya warga tersebut tidak mengerti apa yang disampaikan. Dia mengikuti ustaz tersebut, mereka tidak mengerti apa-apa,” kata Erdi.

Dengan adanya klarifikasi dan pernyataan sikap warga, Erdi memastikan bahwa masyarakat tersebut tidak ikut-ikutan lagi.

“Jadi yang namanya masyarakat tidak mengerti dan mereka melihat seorang ustaz dia meminta umat di salah satu wilayahnya itu untuk mengikuti sebagai laskar Jundullah itu. Ternyata setelah dipahami dan dipelajari tidak sejalan. Oleh karena itu masyarakat membuat klarifikasi,” kata dia.

Sebelumnya, beredar video deklarasi Jundullah atau tentara Allah di sebuah masjid di Kabupaten Bandung Barat. Deklarasi tersebut dipimpin oleh seseorang bernama Erwan Sa’ad yang diduga sebagai pemimpin jemaah tersebut.

Adapun sekelompok jemaah tersebut berasal dari Kampung Sasak Bubur RT 04/RW 03, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. Deklarasi dilakukan pada 1 Januari 2021. Selang beberapa hari kemudian, jemaah yang waktu itu menghadiri pembacaan deklarasi membuat surat pernyataan bersama yang ditandatangani oleh sebanyak 14 orang.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Kejagung melakukan gelar perkara atau ekspose terkait penanganan kasus suap yang menjerat Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Ist

NASIONAL

Kejagung Gelar Perkara Jaksa Pinangki
Pusat perbelanjaan Lippo Mal Kemang Jakarta sepi sejak diberlakukan imbauan di rumah saja. Foto/MI

NASIONAL

Mal di DKI Wajib Tutup Jam 19.00 di Natal dan Tahun Baru
Jajaran Polsek Kembangan memberikan bantuan dengan cara memborong tukang roti untuk dibagikan ke korban banjir di tempat pengungsian. Foto/Istimewa

NASIONAL

Metode Trauma Healing Polisi untuk Hibur Korban Banjir
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta menggelar rapat Paripurna penetapan Raperda tentang APBD Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2021 menjadi Perda, Senin (7/12). Foto/DPRD DKI

NASIONAL

DPRD dan Pemprov DKI Setujui APBD 2021 Rp84,19 T

NASIONAL

Mendagri Minta Pengambil Kebijakan Atur Keseimbangan Menangani Covid-19
Ilustrasi pistol. Foto/Pixabay

NASIONAL

3 Orang Tewas Ditembak di Kafe Cengkareng
Ilustrasi niaga elektronik. Foto/Ist

NASIONAL

Pelaku Usaha Niaga Elektronik Diminta Optimis
Ilustrasi vaksin corona. Foto/AFP

NASIONAL

Update Corona 20 Januari: Tambah 12.568, Positif 939.948