Home / NASIONAL

Selasa, 20 Oktober 2020 - 10:16 WIB

Polisi Tahan 20 Tersangka Pembakaran Halte Transjakarta

Halte Transjakarta Bundaran HI. Foto/Berita Satu

Halte Transjakarta Bundaran HI. Foto/Berita Satu

JAKARTA, BERITANUSA.id – Polda Metro Jaya telah menahan dan menetapkan 20 orang sebagai tersangka dalam kasus perusakan dan pembakaran Halte Transjakarta saat demo berujung ricuh menolak Omnibus Law di Jakarta pada 8 Oktober dan 13 oktober lalu.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana mengatakan, penahanan terhadap 20 orang ini menjadikan pihaknya sejauh ini menetapkan 131 orang sebagai tersangka.

“Perkembangan terbaru Polda Metro Jaya telah menahan 20 orang tersangka perusakan halte, fasilitas umum dan pos polisi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman,” kata Nana di Mapolda Metro Jaya.

Sekitar 69 tersangka pengrusakan halte Transjakarta saat ini telah ditahan. Sekitar 20 orang diantaranya diketahui membakar fasilitas umum.

“Sampai saat ini Polda Metro Jaya telah menetapkan 131 orang sebagai tersangka, kemudian sebanyak 69 dilakukan penahanan,” ujarnya.

Nana menjelaskan para tersangka tersebut didominasi oleh pelajar. Selain pelajar, para tersangka lainnya berasal dari kalangan mahasiswa dan pengangguran.

Para tersangka telah melakukan perusakan dan penjarahan gedung Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), perusakan mobil polisi di Pejompongan dan bentrok dengan aparat di Tugu Tani.

“Dari sekian tersangka memang mayoritas paling banyak pelajar, di sini ada pelajar, mahasiswa, ada juga pengangguran, pelajar rata-rata anak SMK, di situ ada kelompok anarko,” kata Nana.

Tak hanya itu, para tersangka juga terlibat penganiayaan terhadap personel Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, penganiayaan anggota Polres Metro Tangerang Kota dan perusakan dan pembakaran sejumlah pos polisi.

Adapun pasal yang dipersangkakan terhadap 131 tersangka itu, yakni Pasal 212 KUHP tentang perlawanan terhadap petugas, Pasal 218 KUHP tentang melanggar aturan tidak berkerumun, Pasal 170 KUHP tentang kekerasan terhadap orang dan barang dan Pasal 406 KUHP tentang perusakan.

(cnn/idn)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi--Pekerja mengumpulkan puing bangunan yang rusak berat gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah. Foto/Antara

NASIONAL

81 Korban Tewas Akibat Gempa Sulbar
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7). Foto/AntaraMenko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7). Foto/Antara

NASIONAL

179 Ribu Warga Telah Suntik Vaksin Covid
Logo KPU pada mural sebuah tembok di kawasan Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten. Foto: ANTARA FOTO/Fauzan

NASIONAL

100,3 Juta Pemilih Pada Pilkada Serentak 2020
Ilustrasi pelaksanaan PSBB. Foto/Ayo Bogor

NASIONAL

Operasi Lilin, Polri Gelar Penegakan Prokes Skala Besar
Ilustrasi--Pemprov DKI Jakarta belum memutuskan aturan baru pasca pembatalan peraturan Gubernur Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Sepeda Motor. Foto/MI

NASIONAL

PSBB Transisi Diperpanjang, Ganjil Genap Belum Berlaku
Ilustrasi vaksin Covid. Foto/Ist

NASIONAL

Pemerintah Mulai Atur Distribusi Vaksin Usai Uji Klinis Tahap ketiga
Asap membumbung tinggi di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) antara perbatasan Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Nagan Raya, di Aceh. Foto/Antara

NASIONAL

Kasus Karhutla di RI Turun 81 Persen Selama 2020
Bea Cukai memusnahkan barang-barang ilegal secara serentak di tujuh kantor pengawasan di wilayah Jawa Barat. Foto/Ist

NASIONAL

Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal Lebih dari Rp5 Miliar